Begini Cara Robot NASA Komunikasi dan Kirim Data dari Mars ke Bumi

Begini Cara Robot NASA Komunikasi dan Kirim Data dari Mars ke Bumi

Fino Yurio Kristo - detikInet
Rabu, 24 Feb 2021 06:44 WIB
Komunikasi Perseverance ke Bumi
Komunikasi Perseverance ke Bumi dengan wahana orbiter di Mars. Foto: NASA
Jakarta -

Jarak antara Planet Mars dengan Bumi adalah nyaris 212 juta kilometer. Rover robotika Perseverance sendiri menempuh jarak sekitar 480 juta kilometer lantaran jalurnya tidak lurus ke sana. Lalu bagaimana rover itu berkomunikasi dengan tim NASA di Bumi?

Seperti diberitakan, Perseverance telah mengirim foto-foto dan video ke Bumi, sebagian telah dipajang NASA ke publik. Karena jarak yang begitu jauh dan bandwidth terbatas, ada jeda komunikasi ke Mars dari Bumi sekitar 11 menit sehingga semua data itu tidak dikirim secara langsung atau live.

"Perseverance akan transmit gambar dan data lain ke Mars Relay Network, yang kemudian akan memancarkan informasi itu ke Bumi melalui antena-antena Deep Space Network," demikian keterangan NASA di situsnya seperti dikutip detikINET, Rabu (24/2/2021).

Mars Relay Network adalah jaringan wahana NASA yang berada di orbit, yaitu Mars Reconnaissance Orbiter, Mars Odyssey, dan MAVEN serta dua wahana milik European Space Agency, ExoMars Trace Gas Orbiter (TGO) dan Mars Express.

"Kolaborasi internasional ini menjadi kunci menangani volume data dari Perseverance, lebih dari yang dikirimkan oleh kombinasi rover Curiosity dan InSight," papar NASA.

Sebelum Perseverance tiba, telah dilakukan beragam tes untuk memastikan komunikasi dapat berjalan lancar. Wahana tersebut mengitari Mars dan berkomunikasi dengan Perseverance untuk diteruskan ke Bumi.

Komunikasi Perseverance ke BumiAntena Deep Space Network. Foto: NASA

Dari wahana di orbit Mars, sebagian gambar dan data disalurkan ke Bumi di Deep Space Network. Jaringan internasional antena super jumbo ini menjadi sarana perantara komunikasi antara misi di antariksa dengan tim di Bumi.

Deep Space Network terdiri dari tiga satelit komunikasi deep space yang berada di California, dekat Madrid dan di dekat Canberra. Begitulah dengan teknologi jaringan komunikasi yang rumit dan canggih itu, warga di Bumi bisa menikmati tayangan yang dikirimkan dari Mars nun jauh di sana.



Simak Video "Robot Canggih NASA Rekam Suara dari Planet Mars"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/afr)