Mengagumkan, Video Detik-detik Robot NASA Mendarat di Mars

Mengagumkan, Video Detik-detik Robot NASA Mendarat di Mars

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 23 Feb 2021 09:20 WIB
Jakarta -

Mendaratkan rover robotika Perseverance di permukaan Planet Mars, ratusan juta kilometer jauhnya dari Bumi, jelas merupakan prestasi yang hebat. Walau memang NASA sudah beberapa kali melakukannya, video ini menunjukkan teknologi lembaga antariksa Amerika Serikat memang memukau.

NASA baru saja merilis video detik-detik pendaratan Perseverance yang direkam oleh kamera wahana itu. Begitu memasuki atmosfer NASA, tampak parasut dikembangkan untuk memperlambat lajunya.

Setelah parasut terlepas, sky crane atau derek udara yang canggih bertenaga roket, menurunkan Perseverance dengan kabel. Derek itu merekam videonya, demikian juga Perseverance memperlihatkan permukaan Mars yang debunya berhamburan seiring pendaratan itu.

Inilah pertama kalinya direkam video detail pendaratan sebuah wahana di planet lain. Mike Watkins selaku direktur Jet Propulsion Laboratory (JPL) menyatakan video itu membuktikan kecanggihan teknologi NASA.

"Kami membawa semua orang bersama kami dalam perjalanan melintasi Tata Surya, melalui cincin Saturnus, melihat Bumi dari antariksa dan panorama mengagumkan permukaan Mars. Ini adalah kali pertama kami bisa benar-benar merekam peristiwa pendaratan di Mars," katanya.

"Kami akan mempelajari sesuatu dengan melihat performa kendaraan dalam video itu. Tapi hal ini juga untuk membawa Anda bersama dalam perjalanan ini," tambahnya, dikutip detikINET dari BBC, Selasa (23/2/2021).

Seluruh kamera yang ada di wahana Persevrance diaktifkan untuk merekam segala yang terjadi. Sudah banyak data foto dan video didapatkan walau baru segelintir yang telah dibuka untuk publik.

"Kami telah mengumpulkan lebih dari 30 gigabytes informasi dan lebih dari 23 ribu gambar dari perangkat itu kala mendarat ke permukaan Mars," cetus Dave Gruel yang menangani sistem kamera Perseverance.

Perseverance dalam misi setidaknya 2 tahun lamanya, akan mengumpulkan data dan mencari tanda-tanda kehidupan kuno di kawah Jezero Crater yang dulu merupakan sebuah danau pada 3,9 miliar tahun silam. Pihak NASA menyebut pendaratannya di Mars nyaris sempurna.

(fyk/afr)