Deretan Orang Kaya yang Hobi Koleksi Meteorit Langka

Deretan Orang Kaya yang Hobi Koleksi Meteorit Langka

Virgina Maulita Putri - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 19:48 WIB
Elon Musk Ngopi Mars
Deretan Orang Kaya yang Hobi Koleksi Meteorit Langka Foto: Twitter/Istimewa
Jakarta -

Rumah lelang Christie's akan melelang puluhan meteorit langka yang harganya bisa tembus hingga miliaran rupiah. Lelang ini tentu akan menjadi perhatian sederet orang kaya yang hobi mengoleksi meteorit.

Head of Travel, Science and Natural History Christie's James Hyslop mengatakan beberapa tahun terakhir popularitas meteorit terus meningkat karena faktor kelangkaannya.

"Semua orang melihat ke langit malam dan berpikir 'apa yang ada di luar sana?," kata Hyslop, seperti dikutip dari The Guardian, Senin (8/2/2021).

"Mereka menarik untuk semua orang dari anak-anak sampai orang tua. Ada sesuatu yang sangat spesial tentang objek yang jatuh dari surga," sambungnya.

Saat Christie's membuka lelangnya pada hari Selasa esok, beberapa orang terkaya di dunia dan selebriti akan langsung mengantre untuk berkesempatan membeli meteorit langka yang dipajang. Termasuk Naveen Jain, bos teknologi asal India yang memiliki koleksi meteorit terbesar di dunia.

Jain yang memiliki koleksi meteorit senilai USD 5 juta (Rp 70 miliar) mengatakan kadang orang-orang menganggap koleksinya hanya sebagai batu biasa.

"Sebagian besar meteorit ini berusia miliaran tahun. Bayangkan memegangnya di tangan kalian - bagian paling awal dari tata surya - rasanya luar biasa," kata Jain.

"Ketika kalian memegang secuil Bulan di tangan itu bukan hanya secuil Bulan - itu adalah simbol kita sebagai manusia, yaitu penjelajah. Ketika kita terinspirasi, apa yang kita lakukan? Kita melihat ke atas," sambungnya.

Selain Jain, beberapa orang terkenal lainnya yang hobi mengoleksi meteorit antara lain sutradara ternama Steven Spielberg, aktor Nicholas Cage, ilusionis Uri Geller dan pemain cell Yo-Yo Ma.

CEO SpaceX dan Tesla Elon Musk juga disebut Hyslop sebagai salah satu kolektor meteorit. "Saya yakin ia (Musk) memiliki meteorit di koleksinya, tapi saya tidak ingin mengatakannya dengan otoritas apapun," kata Hyslop.

Cassandra Hatton dari rumah lelang Sotheby's mengatakan beberapa tahun terakhir popularitas meteorit semakin melonjak di kalangan kolektor yang berusia muda karena dianggap keren.

"Orang-orang di usia 20-an, 30-an dan 40-an membelinya. Itu adalah sesuatu yang menarik untuk semua orang, kalian tidak perlu memiliki latar belakang ilmiah untuk memahaminya dan biarkan itu mendorong imajinasimu," kata Hatton.

Dalam lelang yang akan dilakukan Christie's akan ada beberapa objek yang akan dilego termasuk meteorit dari Bulan, Mars hingga asteroid. Salah satu objek termahal yang ditawarkan adalah meteorit besi yang jatuh di Odessa, Texas yang harganya ditaksir USD 260 ribu atau sekitar Rp 3,6 miliar.

Dari puluhan objek yang akan dilelang, ada beberapa yang bentuknya dimodifikasi agar terlihat lebih menarik. Hyslop memperingatkan lelang ini akan memberikan pandangan yang keliru kepada publk tentang wujud sebagian besar meteorit.

"Kami menawarkan yang terbaik dari yang terbaik; sebagian besar dari mereka tidak terlihat seperti yang kalian lihat di sini. Sebagian besar terlihat seperti batu biasa," kata Hyslop.



Simak Video "Elon Musk Tunda Kesepakatan Beli Twitter, Ini Alasannya"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)