Benda Luar Angkasa Meteorit Dilego Sampai Rp 3,6 Miliar

Benda Luar Angkasa Meteorit Dilego Sampai Rp 3,6 Miliar

Agus Tri Haryanto - detikInet
Senin, 08 Feb 2021 12:35 WIB
Rumah lelang Christie akan melelang puluhan benda luar angkasa dengan harga fantastis.
Foto: Rumah lelang Christie
Jakarta -

Puluhan benda luar angkasa akan dilelang dengan harga fantastis. Satu meteorit saja ditaksir bisa mencapai USD 260.000 atau setara Rp 3,6 miliaran dengan kurs USD 1 USD = Rp 14.000.

Rumah lelang Christie berencana untuk melelang sekitar 75 koleksi benda luar angkasa pada Selasa (9/2) waktu setempat. Adapun yang dilelang itu diklaim mencakup meteorit dari Bulan, Mars, hingga asteroid.

Dari puluhan benda yang akan dilego itu, ada yang strukturnya sudah diubah agar terlihat menawan secara estetika, tapi ada juga yang masih original seperti awal ditemukan.

Misalnya meteorit yang jatuh di Swedia satu ini, dibuat menyerupai bola. Benda ini berasal dari inti meteorit yang hancur setelah mendarat di negara Skandinavia tersebut. Meteorit ini diperkirakan dijual di angka USD 14.000 hingga USD 18.000.

Rumah lelang Christie akan melelang puluhan benda luar angkasa dengan harga fantastis.Meteorit yang jatuh di Swedia. Foto: Rumah lelang Christie

Ada juga benda luar angkasa jatuh di Xianjing, China, yang berisikan batu permata mencolok dengan warna keemasannya. Benda ini dipoles supaya unsur yang mirip dengan kristal olivin dapat terpancar, yang diharapkan dapat terjuang sekitar USD 3.500 atau USD 4.000.

Rumah lelang Christie akan melelang puluhan benda luar angkasa dengan harga fantastis.Meteorit yang jatuh di China. Foto: Rumah lelang Christie

Kemudian, ada beberapa meteorit Gibeon juga dilelang oleh Christie. Saat ditemukan di Namibia, lebih dari 100 potongan berhasil didapatkan.

Dan, yang paling wah benda luar angkasa yang dilelang itu adalah meteorit besi yang jatuh di Odessa, Texas, Amerika Serikat. Punya bobot 308 pon dan merupakan serpihan yang berasal dari atmosfer Mars, bisa terjual di harga USD 260.000.



Simak Video "Persiapan Ramadan, Pengurus-Jemaah Masjid di Makassar Divaksinasi"
[Gambas:Video 20detik]
(agt/fyk)