Penemu Black Box Terilhami Kehilangan Ayah karena Kecelakaan Pesawat

ADVERTISEMENT

Penemu Black Box Terilhami Kehilangan Ayah karena Kecelakaan Pesawat

Rachmatunnisa - detikInet
Senin, 11 Jan 2021 22:05 WIB
penemu black box David Warren
Penemu Black Box David Warren Terilhami dari Kehilangan Ayah karena Kecelakaan Pesawat. Foto: Museums Victoria
Jakarta -

Penemu black box David Ronald de Mey Warren atau lebih dikenal dengan David Warren, mungkin tidak menyangka jika temuannya akan berumur panjang dan bermanfaat hingga sekarang. Terciptanya black box rupanya dilatarbelakangi kehilangan sosok ayahnya yang meninggal karena kecelakaan pesawat.

Ayahnya, Rev Hubert Warren meninggal di tahun 1934 dalam insiden yang dikenal dengan peristiwa hilangnya Miss Hobart di Selat Bass. Otoritas Penerbangan Sipil Australia melakukan pencarian, namun tidak membuahkan hasil. Peristiwa itu kemudian ditetapkan sebagai kecelakaan pesawat pertama di Australia, dan semua penumpang dinyatakan tidak selamat.

Kado terakhir dari ayahnya yang diterima David yang saat itu berusia 9 tahun adalah crystal set. Gadget ini populer pada masa itu untuk mendengarkan radio. Crystal set dari sang ayah mengantarkannya pada kecintaan terhadap hobi merakit radio dan dunia sains.

Prototipe pertama black box

Masa sekolah David diisi dengan hobi merakit radio. Hingga di kemudian hari, David mendesain prototipe black box yang membawanya menjadi penemu alat yang sangat penting dalam dunia penerbangan.

Saat pertama kali dikembangkan, alat ini belum disebut sebagai black box, melainkan ARL Flight Memory Recorder. Prototipe pertama black box dibuat tahun 1956.

Saat itu, pada rentang 1952-1983, David bekerja di Aeronautical Research Laboratories (ARL) sebagai peneliti utama sains yang berpusat di Melbourne, Australia.

Dia terlibat dalam penyelidikan kecelakaan pesawat komersial bertenaga jet pertama di dunia bernama Comet yang diluncurkan pada 1952. Namun, tiga pesawat Comet hilang sesaat setelah lepas landas dan menewaskan semua penumpang.

Ide merancang black box yang sudah dipikirkannya sejak kecil semakin kuat ketika melihat miniatur alat perekam di sebuah pameran dagang. David berpikir, seandainya peneliti bisa mengetahui apa yang terjadi pada menit-menit sebelum pesawat jatuh, hal ini dapat membantu mencegah kecelakaan yang sama di kemudian hari.

"Saya melihat sebuah gadget yang membuat saya terpesona, sebuah perekam miniatur pertama di dunia yang dimasukkan ke dalam saku. Saya menggabungkan kedua ide itu. Jika seseorang menggunakan salah satu dari ini di pesawat, dan kita dapat menemukannya di reruntuhan pesawat yang mengalami kecelakaan, kita bisa tahu apa yang menyebabkannya," kata David dalam sebuah wawancara pada 2003 yang dikutip dari Independent.co.uk.

Selanjutnya: Ide black box sempat ditolak mentah-mentah

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT