Sinyal Misterius Terdeteksi dari Antariksa, Pertanda Alien?

Sinyal Misterius Terdeteksi dari Antariksa, Pertanda Alien?

Rachmatunnisa - detikInet
Minggu, 20 Des 2020 05:32 WIB
teleskop alien
Lagi, Terdeteksi Sinyal Asing dari Luar Angkasa. Foto: Futurism
Jakarta -

Pencarian tanda-tanda kehidupan di luar Bumi terus dilakukan dengan intensif karena dianggap sebagai hal sangat penting bagi ilmu pengetahuan. Lagi-lagi, tim ilmuwan internasional melaporkan bahwa mereka menerima sinyal radio dari planet yang sangat jauh.

Planet tersebut terletak di sistem bintang bernama Tau Boötes yang berjarak 51 tahun cahaya dari Bumi. Seperti dikutip detikINET dari The Guardian, sistem ini berisi bintang biner dan exoplanet.

Tim ilmuwan tersebut dipimpin oleh peneliti postdoctoral di Cornell University Jake Turner, Philippe Zarka dari Paris Sciences et Lettres, dan Jean-Mathias Griessmeier dari Université d'Orléans. Adapun hasil penelitian mereka telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Astronomy & Astrophysics.

"Sinyal ini berasal dari sistem Tau Boötes, yang berisi bintang biner dan eksoplanet. Kami membuat kasus emisi oleh planet itu sendiri. Dari kekuatan dan polarisasi sinyal radio dan medan magnet planet, ini sesuai dengan prediksi teoritis," kata Jake Turner.

Jika penelitian dan pengamatan mereka dikonfirmasi melalui pengamatan lanjutan, kemungkinan temuan ini akan membuka cara baru bagi kita untuk mempelajari dunia alien alias asing, untuk memeriksa kehidupan di luar Bumi.

Untuk diketahui, perburuan kehidupan di luar Bumi menjadi topik favorit di kalangan ilmuwan dan publik selama bertahun-tahun. Sementara orang awam berimajinasi liar tentang kemunculan alien, para ilmuwan perlu mengandalkan bukti ilmiah yang kuat untuk mengkonfirmasi keberadaan kehidupan di luar planet kita.

Lembaga antariksa NASA khususnya paling getol memburu tanda-tanda alien, khususnya yang berada di Tata Surya kita, walau bentuknya mungkin yang sederhana. Europa, salah satu bulan Jupiter, punya lautan es yang mungkin ada mikroba di dalamnya.



Simak Video "Misi Astronot AS dan Jepang di Luar Angkasa"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)