Bos Lapan Jelaskan Soal Misteri UFO dan Alien

Bos Lapan Jelaskan Soal Misteri UFO dan Alien

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 27 Okt 2020 16:20 WIB
Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) Thomas Djamaluddin. Grandyos Zafna/detikcom.
Kepala Lapan Thomas Djamaluddin. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Misteri unidentified flying object alias UFO, hingga sekarang memiliki daya tarik tersendiri. Selama puluhan tahun manusia membicarakan UFO dan alien dalam berbagai versi, termasuk dari kacamata sains.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin sendiri mengaku dirinya pernah sangat tertarik pada UFO dan mencari tahu banyak informasi tentangnya.

"Seiring saya mendalami sains, akhirnya saya pahami bahwa UFO digolongkan sebagai pseudoscience atau sains semu. Jadi orang-orang menjelaskan ada kesaksian-kesaksian yang dijelaskan seolah-olah ilmiah, tapi sebenarnya tidak punya dasar ilmiah," kata Djamal dalam wawancara Blak-blakan detikcom beberapa waktu silam.

Cerita UFO mulai bermunculan di zaman perang dingin antara Amerika Serikat (AS) dan Uni Soviet (sekarang Rusia) sekitar tahun 1940-an. Saat itu, banyak sekali laporan kesaksian yang mengaku melihat UFO.

Disebutkan Djamal, jika benar ada benda terbang yang dilaporkan, kemungkinan itu adalah wahana eksperimen. Untuk diketahui, pada masa itu, AS dan Uni Soviet terlibat dalam persaingan teknologi antariksa dan penjelajahan angkasa.

"Sebagian besar itu adalah objek-objek yang masyarakat tidak mengenalnya, kemudian menganggap atau mengaitkannya dengan wahana antariksa atau piring terbang yang diasosiasikan sebagai wahananya alien atau makhluk luar angkasa," kisahnya.

Berdasarkan catatan, menurut profesor riset astronomi lulusan S3 Astronomi Kyoto University ini, pernah juga ada yang melaporkan UFO jatuh ke Bumi dan awaknya alias alien yang menumpanginya ditangkap.

penampakan ufopenampakan ufo Foto: Istimewa

"Kalau betul itu ada, tentu para peneliti tidak akan tahan untuk tidak mengungkapnya. Tentu sudah sekian banyak makalah penelitian muncul (tentang UFO dan alien yang ditangkap itu). Tapi nyatanya hingga saat ini tidak ada bukti," jelasnya.

Dari sisi ilmiah, kemungkinan bahwa ada kehidupan lain di luar Bumi yang kita tinggali saat ini, memang tak dipungkiri. Dikatakan Djamal, astronomi mempercayai hal itu dan ada cabang astronomi yang khusus mempelajarinya.

"Namanya bioastronomi, menggabungkan disiplin ilmu biologi dan astronomi, mencari bukti-bukti kehidupan di luar Bumi, mempelajari syarat-syarat kehidupan di luar Bumi, kemudian juga mencari planet-planet yang mempunyai atau menenuhi syarat untuk adanya kehidupan," urainya.