Ada 24 Planet Diklaim Lebih Layak Huni dari Bumi

Ada 24 Planet Diklaim Lebih Layak Huni dari Bumi

Rachmatunnisa - detikInet
Selasa, 06 Okt 2020 09:04 WIB
Planet
Ada 24 Planet yang Diklaim Lebih Layak Huni dari Bumi. Foto: CNN
Jakarta -

Para ilmuwan menemukan 24 planet di luar tata surya kita, yang mereka yakini memiliki kondisi mirip Bumi, bahkan lebih cocok untuk dihuni dibandingkan dengan Bumi.

Dalam sebuah studi baru yang dipimpin oleh Washington State University, para peneliti merinci karakteristik planet-planet yang berpotensi 'dapat dihuni' ini.

Dikutip dari Mirror, planet-planet tersebut berjarak lebih dari 100 tahun cahaya, tapi bisa menjadi harapan terbaik kita dalam menemukan kehidupan lain di luar Bumi.

"Dengan teleskop luar angkasa lebih canggih berikutnya, kita akan mendapatkan lebih banyak informasi. Jadi sangat penting untuk memilih beberapa target. Kita harus fokus pada planet tertentu yang memiliki kondisi paling menjanjikan untuk kehidupan yang kompleks," kata profesor Dirk Schulze-Makuch yang memimpin penelitian ini.

"Namun, kita harus berhati-hati agar tidak terjebak mencari Bumi kedua, karena mungkin ada planet yang lebih cocok untuk kehidupan daripada planet kita saat ini," sambungnya.

Planet-planet tersebut termasuk planet yang lebih tua, sedikit lebih besar, sedikit lebih hangat, dan mungkin lebih basah dari Bumi.

Menurut tim penelitian ini, kehidupan juga bisa lebih mudah berkembang di planet yang lingkarannya lebih lambat mengubah bintang dengan rentang hidup lebih lama dari Matahari kita.

Secara khusus, para peneliti mengidentifikasi satu planet yang memenuhi semua kriteria planet yang dapat dihuni, yang berarti punya kemungkinan kehidupan dapat berkembang di sana.

"Terkadang sulit untuk menyampaikan prinsip planet yang dapat dihuni ini karena kita pikir kita memiliki planet terbaik," kata profesor Dirk.

Disebutkannya, kita memiliki sejumlah besar bentuk kehidupan yang kompleks dan beragam, dan banyak yang dapat bertahan di lingkungan yang ekstrem sekalipun.

"Memiliki kehidupan yang bisa beradaptasi memang sangat bagus. Tapi itu tidak berarti bahwa kita di planet ini memiliki yang terbaik dari segalanya," tutupnya.



Simak Video "Penampakan Mars yang Pancarkan Sinar UV"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/rns)