Vitamin D Cegah Kondisi COVID-19 Parah, Cek Rekomendasi Makanannya

Vitamin D Cegah Kondisi COVID-19 Parah, Cek Rekomendasi Makanannya

Aisyah Kamaliah - detikInet
Minggu, 04 Okt 2020 20:01 WIB
Ilustrasi Minum Susu
Vitamin D bisa mencegah tingkat keparahan COVID-19 yang lebih tinggi. Foto: shutterstock
Jakarta -

Tercukupinya vitamin D bisa membuat tubuh terhindar dari risiko terpapar COVID-19 dengan kondisi yang parah atau severe. Hal ini terungkap dari laporan terbaru yang dipublikasikan di The Lancet.

Dalam jurnal ilmiah tersebut, tim peneliti membahas kemungkinan bahwa vitamin D dapat menawarkan perlindungan terhadap infeksi virus corona (SARS-CoV-2) dan sindrom pernapasan akut parah. Dari meta-analisis uji coba terkontrol secara acak yang dilakukan dari tahun 2007 hingga 2020, terungkap vitamin D memiliki efek perlindungan terhadap infeksi saluran pernapasan akut.

Para peneliti mengamati faktor risiko dari COVID-19 yang parah mirip dengan mereka yang mengalami defisiensi vitamin D di antaranya obesitas, orang tua, dan etnis kulit hitam atau Asia. Mereka berhipotesis, suplementasi dengan vitamin D dapat menjadi pelindung, pencegahan, atau terapi terhadap COVID-19.

Penelitian sebelumnya menyelidiki hubungan antara tingkat sirkulasi 25-hidroksivitamin D (25 (OH) D), yang merupakan penanda status vitamin D tubuh, serta tingkat keparahan infeksi Sars-CoV-2. Ketika konsentrasi 25 (OH) D lebih rendah, risiko atau kerentanan terhadap COVID-19 meningkat. Selain itu, seperti dikutip dari News Medical, penelitian tersebut mengungkapkan bahwa keparahan COVID-19 meningkat ketika tingkat vitamin D dalam tubuh rendah.

Meski vitamin D dikenal sebagai 'vitamin sinar matahari' karena tubuh dapat memproduksi vitamin D dengan bantuannya, vitamin D juga ditemukan dalam banyak makanan. Ini dia beberapa sumber vitamin D terbaik dari makanan:

1. Ikan, seperti makarel, tuna dan salmon
2. Jamur
3. Susu, yogurt, dan variasi makanan dari susu lainnya
4. Telur
5. Susu kedelai
6. Jeruk
7. Oatmeal



Simak Video "Disebut Mampu Bunuh Corona, Berikut Penjelasan Soal Manfaat Berjemur"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/rns)