Elon Musk Ungkap Cara Tanam Komputer di Otak Manusia - Halaman 2

Elon Musk Ungkap Cara Tanam Komputer di Otak Manusia

- detikInet
Rabu, 02 Sep 2020 05:48 WIB
Neuralink
Menanam chip Neuralink ke otak manusia. Foto: Neuralink

Lalu berapa harga untuk melangsungkan operasi pemasangan chip? Musk mengakui pada awalnya akan mahal. Tapi seiring berjalannya waktu dan produksi chip massal, harganya mungkin akan turun walau masih di kisaran ribuan dollar.

"Seharusnya mungkin untuk menjadi sama seperti operasi lasik dan perangkat elektroniknya sendiri takkan sangat mahal karena menggunakan komponen yang dibuat dalam volume sangat tinggi, dalam puluhan juta unit, untuk smartphone atau smartwatch juga," papar Musk.

Robot untuk operasi sudah tersedia prototipenya walaupun kapan percobaan implan ke manusia belum jelas. Pembuatannya diserahkan pada perusahaan di San Francisco, Woke. Warnanya dominan putih dan ada tempat untuk meletakkan kepala.

"Meski mungkin pasien tidak melihat mesin ini beraksi, penting untuk tetap membuat robot yang tidak mengintimidasi. Juga perlu untuk memenuhi kriteria medis dalam hal kebersihan dan perawatan, sehingga aman," cetus perusahaan tersebut.

Selain untuk menyembuhkan penyakit, chip komputer itu diharapkan nantinya punya banyak manfaat lain, terutama untuk membantu manusia menjadi 'lebih canggih' dan dapat menyamai laju kecerdasan buatan. Manusia mungkin dapat mengendalikan perangkat cukup dengan perintah dari otaknya atau bahkan telepati.

(fyk/fay)