Eksperimen Ini Jadi Bukti Kotornya Tangan Manusia

Eksperimen Ini Jadi Bukti Kotornya Tangan Manusia

Aisyah Kamaliah - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 17:37 WIB
www.detik.com/tag/
Eksperimen gambarkan betapa berpengaruhnya cara kita mencuci tangan. Foto: News 3
Jakarta -

Lewat tangan, penularan kuman dan bakteri bisa dengan cepat terjadi maka tak heran cuci tangan adalah hal yang sangat dianjurkan petugas kesehatan. Biar semakin yakin pentingnya cuci tangan, Dr Brian Martin dan News 3 membuat eksperimen yang menggambarkan betapa kotornya tangan manusia bila dibersihkan ala kadarnya.

"Kita ingin memastikan tangan kita bersih sebisa mungkin. (Seharusnya) bebas dari bakteri dan virus sehingga ketika kita menyentuh wajah, kita tidak memaparkannya," kata Dr Martin.

Eksperimen dimulai dengan membalurkan tangan dengan Glo Germ gel. Nah, ketika tangan dipaparkan di bawah sinar gelap, gel akan mensimulasikan berapa banyak bakteri yang tersisa.

Ada empat cara yang diuji coba; mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir selama 20 detik, dengan sabun dan air selama enam detik, hanya menggunakan air, dan terakhir hanya memakai hand sanitizer.

Pada awal semua eksperimen, tangan yang terlibat dalam percobaan ini sangat kotor di bawah cahaya hitam dan tanpa diragukan, menggunakan sabun dan air selama 20 detik paling baik untuk membersihkan tangan. Para ahli mengatakan menyanyikan 'Selamat Ulang Tahun' kira-kira akan cukup dengan waktu yang dibutuhkan untuk mencuci tangan.

Jika tidak dapat mencuci tangan beberapa kali sehari, Martin mengatakan hand sanitizer adalah pilihan terbaik kedua karena dapat membunuh 99,9% kuman.

Lebih lanjut, Dr Martin menyarankan untuk menghindari berjabat tangan dengan orang lain dan kemudian menyentuh wajah, mulut, atau area mata. Martin juga mengatakan lebih baik menggunakan paper towel daripada menyeka tangan di celana.

"Bukankah Anda lebih suka membersihkan tangan atau mencuci tangan dengan benar beberapa kali sehari daripada menghabiskan 2 minggu dengan flu atau dua minggu dengan virus yang tidak dapat Anda singkirkan?" tutup Martin. Pilihannya ada di tangan Anda.



Simak Video "Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Kamu Harus WFO"
[Gambas:Video 20detik]
(ask/fay)