Elon Musk Sebut Piramida Dibangun Alien, Ini Faktanya

Elon Musk Sebut Piramida Dibangun Alien, Ini Faktanya

Tim - detikInet
Senin, 03 Agu 2020 16:45 WIB
morning light on pyramids
Elon Musk Sebut Piramida Dibangun Alien, Ini Faktanya Foto: iStock
Jakarta -

Elon Musk kembali membuat kontroversi karena menyebut piramida di Mesir dulunya dibangun oleh alien. Bahkan CEO SpaceX dan Tesla ini sampai dikritik oleh ahli arkeologi Mesir Zahi Hawass dan Menteri Kerjasama Internasional Mesir Rania al-Mashat.

Hal ini berawal dari cuitan di Twitter yang diunggah pada Jumat, 31 Juli lalu. "Alien membangun piramida obv (tentu saja)," tulis Musk dalam cuitannya.

Tidak diketahui apakah Musk serius atau bercanda dalam cuitannya. Tapi memang ada teori konspirasi cukup populer yang mengatakan piramida dulunya dibangun oleh alien, dan cuitan Musk ini terlihat seperti mendukung teori tersebut.

Bagaimana awal cerita 'piramida buatan alien' ini bermula? Salah satunya teori yang disebarkan oleh situs Outerworlds. Situs tersebut mengatakan alien datang ke Mesir ribuan tahun yang lalu jauh sebelum peradaban manusia untuk membantu pembuatan piramida dengan teknologi canggih yang mereka miliki.

Disebutkan pula bahwa dua garis diagonal yang memanjang dari piramida menuju Sungai Nil menjadi salah satu bukti adanya keterlibatan alien menciptakan piramida.

Selain itu, Outerworlds.com juga menulis hampir seluruh jajaran piramida menghadap ke Kutub Utara, padahal saat itu belum ada kompas. Bukti-bukti lain yang disuguhkan website tersebut antara lain:

1. Kecocokan posisi matahari dengan Piramida Agung Giza pada titik balik matahari saat musim panas

2. Kecocokan posisi matahari dengan patung Sphinx ketika titik balik matahari saat musim dingin

3. Selarasnya posisi dari tiga piramida di Giza dengan tiga bintang di dalam Sabuk Orion

4. Pemilihan kepala singa pada patung Sphinx sesuai dengan Sabuk Orion yang melambangkan konstelasi Leo.

"Teknologi yang dimiliki para pendahulu kita, secara matematis, tidak dapat mencapai hal-hal tersebut. Jika manusia tidak bisa melakukannya, maka alien pasti terlibat di dalamnya," demikian dalih yang disampaikan di situs tersebut.

Nah, sekarang simak fakta ilmiahnya di halaman berikut: