Astronaut NASA Akan Bawa Pulang Oleh-oleh Spesial dari ISS

Astronaut NASA Akan Bawa Pulang Oleh-oleh Spesial dari ISS

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 03 Jun 2020 09:05 WIB
bendera AS di ISS
Astronaut NASA Akan Bawa Pulang Oleh-oleh Spesial dari ISS Foto: NASA
Jakarta -

Astronaut NASA Bob Behnken dan Dough Hurley baru saja mendarat di International Space Station (ISS) beberapa hari yang lalu setelah penerbangan bersejarah menggunakan roket SpaceX. Tapi mereka sudah memiliki oleh-oleh spesial yang akan dibawa pulang ke Bumi.

Dikutip detikINET dari Cnet, Rabu (3/6/2020) oleh-oleh tersebut adalah bendera Amerika Serikat kecil yang terbang bersama misi pesawat ulang alik pertama (STS-1 di 1981) dan misi terakhir pesawat ulang alik (STS-135 di 2011).

SpaceX sepertinya telah berniat mengembalikan bendera ini ke Bumi sejak tahun 2011 dengan cuitan, "SpaceX memulai proses pengambilan bendera..."

Setelah Behnken dan Hurley tiba di ISS, Musk kemudian membalas cuitan tersebut dengan pernyataan sederhana. "Sembilan tahun kemudian," tulis Musk dalam cuitannya.

Bendera ini memiliki arti khusus bagi Hurley yang merupakan salah satu kru astronaut di misi final pesawat ulang alik dan yang meninggalkan bendera tersebut di ISS sembilan tahun yang lalu.

Dalam konferensi pers dari ISS, Hurley mengatakan bendera tersebut melambangkan kerja keras ribuan pegawai NASA dan SpaceX yang membantu kembalinya peluncuran astronaut dari Amerika Serikat.

"Kami sangat beruntung bisa membawanya pulang bersama kami," kata Hurley.

Hurley kemudian memamerkan bendera tersebut yang telah dihiasi dengan pesan dari astronaut NASA Chris Cassidy yang telah berada di ISS sebelumnya. "Jangan lupa dibawa bersama Crew Dragon," tulis pesan tersebut.

Begitu dibawa kembali ke Bumi, bukan berarti perjalanan bendera tersebut akan berhenti. Dalam keterangan NASA tentang misi STS-135 di tahun 2011, bendera tersebut akan terus menemani astronaut dalam perjalanan ke luar angkasa.

"Bendera itu akan ditampilkan di stasiun luar angkasa sampai kru selanjutnya dari AS menerimanya untuk mengembalikannya ke Bumi agar bisa dibawa oleh kru pertama yang meluncur dari AS dalam perjalanan eksplorasi di luar orbit Bumi," kata NASA dalam keterangan tersebut.



Simak Video "NASA Tunda Peluncuran Roket SpaceX Elon Musk"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fyk)