5 Teori Kemungkinan Multiverse, Mungkinkah Ada Dunia Paralel? - Halaman 2

5 Teori Kemungkinan Multiverse, Mungkinkah Ada Dunia Paralel?

Aisyah Kamaliah - detikInet
Senin, 01 Jun 2020 17:07 WIB
Dunia Paralel
Teori yang terkait dengan multiverse. (Foto: Instagram/Guido Ruiz)

3. Daughter universes

Teori ini menjelaskan adanya kemungkinan beberapa alam semesta mengikuti teori mekanika kuantum. Daughter Universes atau Many Worlds Theory, yang dikemukakan oleh Hugh Everett, percaya bahwa alam semesta menciptakan 'salinan' untuk setiap kemungkinan hasil dari sebuah situasi yang terjadi.

Ketika di alam semesta ini Anda memutuskan untuk terus membaca artikel ini, di alam semesta lain bisa jadi membuat Anda justru menghentikan kegiatan membaca Anda dan berpaling ke hal lain.


4. Mathematical universes

Secara sederhana, teori yang dicetuskan oleh Max Tegmark dari Massachusetts Institute of Technology di tahun 2012 ini menjelaskan bahwa struktur matematika dapat berubah tergantung di mana Anda berada.

"Saya benar-benar percaya ada alam semesta di luar sana yang dapat eksis secara independen dan akan terus ada sekalipun tidak ada lagi manusia," ujarnya.

5. Parallel universes

Parallel universes atau dunia paralel cukup heboh dibicarakan beberapa kurun waktu terakhir. Teori dunia paralel bisa dijelaskan sebagai kehidupan manusia beserta alam semesta secara bersamaan satu sama lain.

Para ahli kuantum percaya bahwa setiap hari (setiap detik, bahkan) sebuah dunia paralel tercipta. Yang mencengangkan, masing-masing dunia tidak menyadari kehadiran dunia lainnya dan tidak ada yang dapat memastikan dunia mana yang sebenarnya nyata.

(ask/fay)