Militer Amerika Mau Pakai Robot Pembunuh Virus Corona

Militer Amerika Mau Pakai Robot Pembunuh Virus Corona

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Selasa, 28 Apr 2020 12:13 WIB
Robot Pembunuh Virus Corona
Militer Amerika Mau Pakai Robot Pembunuh Virus Corona (Foto: Marathon Targets)
Charlotte -

Inovasi tiada henti dilakukan untuk menyudahi wabah COVID-19. Militer Amerika pun mau pakai robot pembunuh virus Corona.

Diberitakan oleh Military.com seperti dilihat Selasa (28/4/2020), kontraktor militer Amerika, Marathon Targets membuat robot otonomi dengan 4 roda. Robot ini tugasnya melakukan disinfeksi di ruang tertutup dengan sinar ultraviolet.

Dia akan ditugaskan di barak-barak dan aula asrama militer di Amerika untuk membersihkan virus Corona yang ada di sana. Robot ini bisa bekerja sendiri tanpa bantuan manusia.

"Awalnya robot ini untuk latihan sasaran tembak, sekarang karena butuh untuk membunuh virus Corona, kita pakailah untuk membunuh Corona," kata Ralph Petroff, Direktur Marathon Targets Amerika Utara.


Robot ini memancarkan pendar sinar UV dengan daya 110 Watt. Dia akan membersihkan segala permukaan dari jarak 50 cm selama 1 menit, atau selama 6,5 menit dari jarak 1,5 meter.

Masih ada pertanyaan sebenarnya, bagaimana UV membunuh virus Corona. Namun Petroff mengatakan UV memang bisa dipakai untuk disinfeksi.

"Bagian UV itu sih gampang, tapi membuat robot yang bisa jalan-jalan sendiri tanpa menabrak barang-barang, nah itu yang susah. Kami menguasai itu sejak lama," sesumbarnya.

Banyak pangkalan militer di Amerika tertarik untuk menggunakannya, namun lokasi-lokasinya tidak diungkapkan. Petroff mengatakan pihaknya tinggal menunggu perintah penugasan untuk robotnya.



Simak Video "Wisudawan Undip Diwakilkan Robot, Begini Prosesinya"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/fyk)