Misteri Pasien Pertama Virus Corona - Halaman 2

Misteri Pasien Pertama Virus Corona

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Senin, 20 Apr 2020 16:13 WIB
Poster
Misteri Pasien Pertama Virus Corona (Foto: Edi Wahyono/detikcom)

Versi patient zero adalah WN Amerika


Versi patient zero adalah WN Amerika, memiliki dua narasi besar. Yang pertama maksudnya adalah patient zero di Amerika, yang kedua adalah bersifat tuduhan kalau patient zero WN Amerika ini justru yang menularkan COVID-19 di China.

Bloomberg memberitakan tanggal 10 Maret 2020, bahwa patient zero di Amerika ada di Seattle. Dia adalah pria berusia 35 tahun dan memeriksakan diri ke RS tanggal 19 Januari 2020. Pria ini dinyatakan positif pada 20 Januari dan rupanya punya riwayat perjalanan, baru pulang dari Wuhan, China. Seattle ini menjadi episentrum wabah COVID-19 di Amerika Serikat.

Narasi berkebalikan soal patient zero adalah WN Amerika adalah tuduhan langsung pemerintah China kepada Amerika. Media pemerintah China, Global Times pada 25 Maret memberitakan dugaan virus Corona ditularkan ke China oleh atlet militer Amerika yang ikut dalam acara Military World Games di Wuhan pada Oktober 2019.



Global Times menyitir klaim dari George Webb, wartawan investigatif Amerika yang mengatakan patient zero bernama Maatje Benassi. Dia adalah tentara wanita berpangkat sersan, sekaligus atlet balap sepeda Amerika yang ikut dalam Military World Games di Wuhan. George Webb sendiri di mata media mainstream Amerika justru diragukan kredibilitasnya.

Cerita versi ini disampaikan juga oleh Jubir Kemlu China Zhao Lijian lewat akun Twitternya. Dia menuding tentara Amerika menularkan virus corona ke China saat ikutan Military World Games di Wuhan.

Urusan China dan Amerika berbantah-bantahan ini tidak ada habisnya. Yang terbaru, Amerika menuding laboratorium virus di Wuhan sebagai biang keladinya. Apapun itu, detikINET melihat bahwa riset dari Cambridge University menunjukkan fakta menarik yaitu Amerika dan China sama-sama ketularan virus Corona varian paling awal.


Dr Peter Forster, pakar genetika dari University of Cambridge mengungkapkan virus Corona punya 3 varian. Varian paling original yang dekat dengan kelelawar ditemukan pada pasien di Amerika terutama di Seattle dan sebagian pasien saja di China. Sementara daerah China lainnya dan dunia pada umumnya tertular varian keturunan dari virus Corona yang original ini.

Jadi detikers percaya yang mana, patient zero WN China atau WN Amerika?

(fay/fyk)