Hebat, Hewan Ini Tak Bergerak Selama 7 Tahun

Hebat, Hewan Ini Tak Bergerak Selama 7 Tahun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Kamis, 20 Feb 2020 20:00 WIB
Salamander
Hebat, hewan ini tak bergerak selama 7 tahun. Foto: Wikimedia.
Bosnia -

Hewan ini punya kehebatan yang lain dari yang lain. Ia mampu bertahan tak bergerak dari tempatnya dalam waktu yang begitu lama.

Di kedalaman gua di Eropa, hiduplah salamander Proteus anguines. Hewan amfibi ini beradaptasi untuk hidup di lingkungan gelap tanpa langit.

'Gaya hidup' itu membuat matanya dilapisi beberapa lapis kulit, hanya bisa mendeteksi kehadiran cahaya. Maka bisa dibilang ia buta. Indra penciuman dan pendengarannya kuat, mampu mendeteksi pergerakan di habitatnya.

Antara tahun 2010 sampai 2018, periset menangkap beberapa di antaranya dan menandainya, di gua wilayah Bosnia. Setelah diteliti lagi, binatang itu hanya bergerak begitu sedikit.

"Mayoritas individu bergerak kurang dari 10 meter selama beberapa tahun," kata pakar zoologi, Gerget Balazs dari Eotvos Lorand University.

Salah satu individu bahkan begitu malasnya. Dia sama sekali tak bergerak dari tempatnya selama 2.569 hari, lebih dari 7 tahun.

Mereka dapat hidup sampai 1 abad. Sesuatu yang impresif bagi hewan berukuran 30 cm dan berat 20 gram ini. "Mereka hampir tidak melakukan apa-apa," tambah Gerget, dikutip detikINET dari Science Alert.

Mungkin itulah rahasia umur panjang mereka. Kemalasan luar biasa itu karena metabolismenya sangat rendah. Mereka dapat bertahan tanpa makanan selama bertahun-tahun.

Ditambah lagi, predator di habitatnya amat sedikit. Berkembang biak pun 12 tahun sekali. Sekali bertelur, biasanya ada sekitar 35 buah. Mereka sudah tahu seni bertahan hidup dengan bermalas-malasan.



Simak Video "Heboh Pria di Garut Minum Segelas Darah Sapi Kurban"
[Gambas:Video 20detik]
(fyk/fyk)