Jumat, 06 Sep 2019 13:39 WIB

Ada Dinosaurus Misterius Pernah Hidup di Jepang

Fino Yurio Kristo - detikInet
Halaman 1 dari 2
Kamusysaurus japonicus. Foto: CNN Kamusysaurus japonicus. Foto: CNN
Jepang - Spesies baru dinosaurus ditemukan di Hokkaido, Jepang. Periset dari Hokkaido University Museum menemukan tulang rangka yang hampir lengkap dari dinosaurus misterius tersebut, yang diperkirakan berumur 71 juta tahun.

Mereka menamainya sebagai Kamusysaurus japonicus. Fosil ekornya sudah ditemukan pada tahun 2013 dan 6 tahun kemudian secara bertahap, semua sisa fosil digali dengan wujud hampir sempurna.

"Adalah sesuatu yang langka menemukan rangka yang hampir komplet. Tak ada keraguan bahwa ini adalah rangka dinosaurus terbesar yang paling baik dari Jepang," ujar profesor Yoshitsugu Kobayashi yang menulis risetnya, dikutip detikINET dari Mirror.




Spesies ini termasuk dalam keluarga Edmontosaurini clade dan berhubungan dekat dengan dinosaurus lain yang ditemukan di Rusia dan China. Salah satu bagian badannya yang unik adalah mulut yang mirip dengan paruh bebek.

Ia diyakini berusia sekitar 9 tahun dengan panjang 8 meter ketika masih hidup dan kemungkinan berjalan dengan empat kaki. Beratnya antara 4 sampai 5,3 ton.

(Ke Halaman Selanjutnya) (fyk/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com