Ada Fenomena Supermoon Lagi Bulan September Ini? - Halaman 3

Ada Fenomena Supermoon Lagi Bulan September Ini?

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 06 Sep 2019 13:09 WIB
Ada Fenomena Supermoon Lagi Bulan September Ini?
Penampakan Super Blue Blood Moon di Madrid, Spanyol. Foto: Dok. REUTERS/Paul Hanna

Berbeda dengan di Indonesia, di negara-negara barat, Supermoon punya penamaan yang unik. Biasanya penamaan tersebut didasarkan pada musim kemunculan purnama dan penampakannya. Sebut saja misalnya Strawberry Moon, yang muncul saat musim panen buah stroberi dan purnamanya terlihat kemerahan.

"Di Indonesia yang purnama saja disebutnya. Kalau di negara barat, karena mereka musimnya ada 4, dan mereka memberi nama fenomenanya sesuai penampakannya. Misalnya terlihat merah seperti stroberi, atau merah agak kuning. Atau kalau purnama dalam sebulan itu ada dua kali, maka nama purnama kedua disebut sebagai Blue Moon, dan lain-lain," urainya.


Di balik keindahan dan keistimewaan fenomena Supermoon, ada hal yang perlu diwaspadai saat peristiwa ini terjadi, yakni dampaknya pada kenaikan permukaan air laut.

"Saat purnama terdekat biasanya pasang air laut pun menjadi maksimum. Jadi kalau kita berada di pantai, pada saat pasang itu jadi lebih tinggi dari pasang biasa. Kalau pantainya landai, air lautnya itu akan melimpah ke daratan yang lebih jauh lagi dan itu umum terjadi," terangnya.

Dampak Supermoon yang biasanya diperingatkan, dikatakan Thomas, adalah ketika supermoon tersebut dikombinasikan dengan cuaca buruk di laut.


"Itu akan menimbulkan gelombang rob, itu yang perlu diwaspadai karena menimbulkan gelombang pasang di pantai yang melimpah lebih ke daratan yang lebih jauh," tutupnya.

(rns/krs) (rns/krs)