Jumat, 06 Sep 2019 13:09 WIB

Ada Fenomena Supermoon Lagi Bulan September Ini?

Rachmatunnisa - detikInet
Halaman 1 dari 3
Supermoon terlihat dari Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/2/2019). Foto: ANTARA Supermoon terlihat dari Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (19/2/2019). Foto: ANTARA
Jakarta - Berdasarkan catatan astronomi, dari hingga pertengahan 2019 sudah ada beberapa Supermoon kita lalui. Kabarnya, di September ini akan ada lagi fenomena tersebut.

Sejauh ini, di 2019 sudah ada 5 Supermoon yang terjadi, yaitu tanggal 21 Januari, 19 Februari, 21 Maret 2019, serta 1 dan 30 Agustus. Di antara kelimanya, Supermoon 19 Februari merupakan yang terbesar dan paling terang.




Buat kalian yang senang menantikan fenomena ini, seperti dikutip dari EarthSky, Jumat (7/9/2019), kabarnya akan ada lagi Supermoon pada 28 September. Apa kata Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)?

Ditanya mengenai hal ini, Kepala LAPAN Thomas Djamaluddin mengaku belum bisa memastikan update terbaru mengenai fenomena ini. Namun dia membenarkan adanya prediksi Supermoon di bulan September.

"Saya belum buka datanya. Tapi kemungkinan bisa jadi (ada Supermoon di September), berdasarkan prediksi sebelumnya," kata Thomas saat dimintai konfirmasi tentang hal ini.

Supermoon, sejatinya adalah fenomena Bulan purnama yang terdekat, alias purnama yang lebih besar. Namun bagi orang awam, mereka akan melihatnya sebagai fenomena Bulan purnama saja.



"Supermoon itu hanya menampakkan purnama yang lebih besar. Tapi awam sesungguhnya tidak bisa membedakan karena ukurannya hanya bertambah sedikit. Hanya astronom yang memotret saja yang bisa menyimpulkan ini lebih besar dari yang sebelumnya," Thomas menjelaskan.


(Halaman selanjutnya: Bisa Diprediksi 100 Tahun Sebelumnya)

(rns/krs)