Minggu, 30 Jun 2019 08:19 WIB

Calon Roket Terkuat Sejagat SpaceX Meluncur Perdana 2021

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Falcon Heavy, roket terkuat yang dimiliki SpaceX saat ini. Foto: Thom Baur/Reuters Falcon Heavy, roket terkuat yang dimiliki SpaceX saat ini. Foto: Thom Baur/Reuters
Jakarta - Setelah sukses meluncurkan roket terkuat sejagat dalam diri Falcon Heavy untuk pertama kali pada Februari 2018, kini perusahaan antariksa besutan Elon Musk itu bersiap meluncurkan wahana yang tak kalah kuatnya tahun depan. Bernama Starship, SpaceX berencana untuk meluncurkannya pada 2021 mendatang.

Hal tersebut diungkapkan oleh Vice President of Commercial Sales SpaceX, Jonathan Hofeller. Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pihaknya sedang melakukan komunikasi dengan tiga perusahaan telekomunikasi dalam menentukan misi pertama dari Starship, sebagaimana detikINET kutip dari Tech Crunch, Minggu (30/6/2019).


Roket itu sendiri saat ini masih dalam tahap pengembangan, yang dilakukan di dua fasilitas milik SpaceX sekaligus, yakni di Texas dan Florida, Amerika Serikat. Jika sudah mencapai bentuk finalnya, maka ia akan menjadi roket terkuat sejagat, mengalahkan Falcon Heavy.

Disebutkan bahwa ia dapat mengantarkan sebanyak 20 ton muatan ke orbit geostasioner Bumi. Sedangkan jika tujuannya adalah orbit rendah Bumi, maka ia bisa mengangkut muatan seberat lebih dari 100 ton.


Starship, calon roket terkuat sejagat milik SpaceX.Starship, calon roket terkuat sejagat milik SpaceX. Foto: Istimewa

Bukan cuma misi kargo saja yang bakal diembannya. Starship juga akan menjadi andalan SpaceX dalam melakukan eksplorasi luar angkasa lebih jauh. Ya, wahana tersebut diproyeksikan bakal pergi ke Bulan dan Mars, dengan awak di dalamnya.

Untuk perjalanan pertama, Elon Musk sempat mengatakan bahwa pihaknya menargetkan untuk mengantar pengusaha asal Jepang, Yusaku Maezawa, mengitari Bulan pada 2023 mendatang. Sedangkan dalam menjangkau Mars, rencana awalnya adalah mengantar kargo pada pertengahan 2020an.

Simak Video "Tersulit! SpaceX Luncurkan Roket Falcon Heavy, Bawa 24 Satelit"
[Gambas:Video 20detik]
(mon/mon)