8 Fakta Menarik Susahnya Jadi Astronot - Halaman 2

8 Fakta Menarik Susahnya Jadi Astronot

Fino Yurio Kristo - detikInet
Selasa, 05 Mar 2019 18:03 WIB
8 Fakta Menarik Susahnya Jadi Astronot
Astonot Jepang di ISS. Foto: Dok. Twitter @Astro_Kanai

Sebenarnya, astronot hanya menghabiskan sedikit waktu di antariksa. Kebanyakan mereka berlatih di darat atau melakukan misi lain. Kandidat akan latihan dasar selama 2 tahun seperti untuk survive, bahasa asing, keterampilan teknis dan lainnya yang dibutuhkan.

Setelah lulus, mereka bisa diminta terbang atau mengisi posisi teknis di Johnson Space Center di Houston. Di situ, mereka bisa mendukung misi yang tengah berlangsung atau memberi masukan pada engineer dalam pembuatan pesawat masa depan.

6. Kerja Sama dengan Astronot Negara Lain

Astronot NASA tidak hanya bekerja untuk lembaganya, kadang mereka juga bekerja sama dengan astronot dari negara lain. Ada 16 negara yang berpartisipasi dalam program ISS dengan keahlian masing-masing.

Misalnya, astronot Russia ahli mengoperasikan beberapa modul di ISS. Sedangkan Lembaga Antariksa Kanada banyak berpartisipasi dalam sistem robotika. Ada pula astronot dari European Space Agency (ESA) dan Japan Aerospace Exploration Agency (JAXA).

7. Menyaring Calon Astronot

Dalam seleksi terbaru, NASA kabarnya menerima 18 ribu lebih lamaran astronot, yang diterima hanya hitungan jari. Bagian SDM NASA akan menyaring pertama kali dengan melihat apakah para calon lolos dari kualifikasi dasar.

Setiap pelamar yang lolos akan direview oleh Astronaut Rating Panel yang beranggotakan 50 orang, sebagian besar astronot aktif. Ratusan kandidat yang lolos akan kembali diseleksi per individu sampai tersisa 120 orang.

Setelah itu, Astronaut Selection Board mengadakan tes wawancara dan medis. 50 kandidat teratas akan diuji lagi dan dari situlah akan muncul astronot yang diputuskan diterima.

8. Pemberitahuan Tugas ke Angkasa

Astronot yang beruntung terpilih untuk misi ke luar angkasa akan mendapatkan telepon dari kantor Flight Operations Directorate di Johnson Space Cente. NASA pun akan meminta kandidat terpilih untuk memberitahukan kabar baik ini hanya ke keluarga dekat sebelum dilakukan pengumuman resmi.

NASA lalu akan mengadakan konferensi pers untuk mengumumkan astronot terpilih. Diundang media massa dan juga influencer di media sosial. Setelahnya, kandidat langsung akan dilatih super intensif selama beberapa bulan.



(fyk/krs) (fyk/krs)