Rabu, 05 Sep 2018 13:28 WIB

Komet 21P Dekati Bumi 10 September Nanti

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi. Foto: Reuters/Paul Hanna Ilustrasi. Foto: Reuters/Paul Hanna
Jakarta - Komet 21P/Giacobini-Zinner akan melintas mendekati Bumi pada 10 September. Jangan khawatir, komet ini tidak sampai menabrak Bumi.

Seperti dikutip detikINET dari CNET, Rabu (5/9/2018), komet ini mengorbit Matahari setiap 6,6 tahun. Komet 21P saat ini sedang terbang mendekati bagian dalam tata surya dengan kecepatan 82.000 kilometer per jam.



Tahun ini, komet 21P akan melewati Bumi dengan selisih jarak terdekat yaitu 58,6 juta kilometer. Jarak tersebut hampir sama dengan jarak terdekat antara Bumi dan Mars.

Jarak ini merupakan yang terdekat antara Bumi dengan Komet 21P dalam 72 tahun. Saat ini, komet 21P sudah mulai terlihat dari Bumi dalam kondisi langit yang gelap dan menggunakan teropong.

Tetapi, komet ini akan terus bertambah terang hingga posisi terdekatnya dengan Bumi pada 10 dan 11 September.

Komet 21P hanya memiliki diameter dua kilometer. Tetapi dengan panas Matahari, komet ini akan memiliki ekor selebar 290 ribu kilometer atau setara dengan dua kali diameter Jupiter.

Komet ini juga merupakan bagian dari hujan meteor Draconid yang biasa muncul pada Oktober. Hujan meteor tersebut terjadi karena setiap komet melewati bagian dalam Tata Surya dan selalu meninggalkan puing-puing kecil.



Adalah astronom Paris Michel Giacobini yang menemukan komet ini pertama kalinya pada 20 Desember 1900. Kemudian pada Oktober 1913 astronom Jerman Ernst Zinner menemukannya lagi. Karenanya, komet tersebut diberi nama sesuai dengan nama kedua astronom tersebut. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed