Review Dyson V15 Detect Absolute, Penyedot Debu yang Fun

Review Dyson V15 Detect Absolute, Penyedot Debu yang Fun

ADVERTISEMENT

Review Dyson V15 Detect Absolute, Penyedot Debu yang Fun

Fino Yurio Kristo - detikInet
Minggu, 16 Okt 2022 18:40 WIB
Dyson V15 Detect Absolute
Review Dyson V15 Detect Absolute, Penyedot Debu yang Fun. Foto: Fyk/detikinet
Jakarta -

Aktivitas menyedot debu adalah rutinitas bagi banyak keluarga saat ini, memakai perangkat dengan beragam jenis dan teknologi. Salah satu perangkat penyedot debu terbaru adalah Dyson V15 Detect Absolute yang masuk dalam kategori high end.

Dyson V15 Detect Absolute membawa beberapa teknologi yang berguna dalam desain yang punya ciri khas. Berikut review pengalaman pemakaiannya.

Desain

Dyson V15 Detect Absolute ini punya desain menonjol berkat permainan warnanya, sesuai ciri khas penyedot debu Dyson selama ini. Warna keemasan di gagangnya dan di bagian penyedot, dipadukan warna abu-abu.

Aksen merah mewarnai beberapa bagian, misalnya di tombol yang menyambungkan bagian-bagian dari penyedot debu ini. Secara keseluruhan, penampilan warna warni itu menjadikannya menonjol tanpa kesan norak.

Materialnya mayoritas terbuat dari plastik yang solid, dengan perpaduan metal di beberapa komponen. Dyson V15 Detect Absolute ini cukup berbobot dan terasa berat pada awal-awal pemakaian, namun kemudian menjadi terbiasa.

Dyson V15 Detect AbsoluteDyson V15 Detect Absolute. Foto: Fyk/detikinet

Bagian atasnya adalah filter HEPA yang dapat dilepas untuk dibersihkan. Kemudian ada layar LCD mini berwarna, untuk memajang informasi jumlah dan jenis debu yang tersedot serta mengatur mode penyedotan dengan cara menekan tombol di bawah layarnya itu.

Disertakan beberapa aksesoris untuk dipasangkan dengan kegunaan masing-masing. Ada aksesoris untuk menjangkau tempat tersembunyi, sampai khusus menyedot bulu binatang peliharaan yang anti lilit atau anti tangled. Cara memasangnya mudah, cukup menekan tombol untuk melepas aksesoris yang satu dan digantikan aksesoris yang lain.

Menariknya, ada sebuah aksesoris yang terpasang langsung, dapat diakses dengan memencet tombol di tongkat panjang penyedot debunya. Ada sikat keras di bagian ujungnya, sehingga kegunaannya adalah menghilangkan debu yang menempel kuat untuk kemudian disedot.

Teknologi

Penyedot debu ini disebut produsennya Dyson punya daya hisap yang paling kuat di antara produk mereka lainnya, dengan daya hisap 240AW. Terdapat 3 mode hisap yang bisa diatur dengan menekan tombol di bagian atas, yaitu Eco, Auto dan Boost.

Mode Eco adalah yang paling hemat baterai, Auto menyesuaikan secara otomatis tergantung tingkat kotornya, dan Boost adalah yang daya hisapnya paling kuat.

Kemudian aksesoris penyedot standarnya, Laser Slim Fluffy,dapat memancarkan sinar laser untuk mendeteksi debu yang tidak dapat terlihat oleh mata. Tentu gunanya untuk memudahkan melihat bagian lantai atau permukaan mana yang masih kotor.

Dyson V15 Detect AbsoluteDyson V15 Detect Absolute. Foto: Fyk/detikinet

Dyson V15 Detect Absolute ini juga dilengkapi dengan layar di bagian paling atas untuk mengetahui jenis debu yang terhisap dan seberapa banyak jumlahnya.

Dyson V15 Detect AbsoluteDyson V15 Detect Absolute. Foto: Fyk/detikinet

Untuk teknologi tersebut, ada sensor akustik bernama Piezo. Jadi saat debu masuk ke mesin dan bersentuhan dengan sensor yang ada di dalam saluran tempat sampah ini, getaran kecil yang dihasilkan diubah menjadi sinyal listrik. Ini yang membuat ukuran dan jumlah debu dapat dihitung.

Oh ya, Dyson V15 Detect Absolute ini dayanya berasal dari baterai sehingga beroperasi tanpa harus dicolok listrik. Baterai itu bisa dilepas dengan mudah untuk diisi ulang, dengan waktu pengisian sampai penuh sekitar 4 jam. Dalam mode Eco, penyedot debu ini bisa dioperasikan lebih dari 50 menit. Akan tetapi daya tahan itu bisa jauh berkurang dalam mode boost atau jika mode auto terus memilih opsi boost karena debu yang banyak.

Halaman selanjutnya, pengalaman pemakaian dan kesimpulan>>>

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT