Review Kamera Xiaomi 12 Pro, Tajam!

Review Kamera Xiaomi 12 Pro, Tajam!

ADVERTISEMENT

Review Produk

Review Kamera Xiaomi 12 Pro, Tajam!

Enche Tjin - detikInet
Senin, 10 Okt 2022 21:40 WIB
Xiaomi 12 Pro
Xiaomi 12 Pro. Foto: Dok. Enche Tjin
Jakarta -

Saat diluncurkan awal tahun ini, Xiaomi 12 Pro ini termasuk salah satu ponsel kelas atasnya Xiaomi. Desain kamera ini tergolong premium, bahan dan finishingnya bagus, ponselnya sendiri terasa kokoh dengan layar yang luas, 6.7 inci dan cerah. Warna yang tersedia untuk ponsel ini yaitu hitam, ungu dan abu-abu. Yang saya review kali ini adalah warna ungu, mungkin tepatnya ungu muda.

Di bagian belakang ponsel, modul-modul kamera tersusun rapi di bagian kiri atas. Seperti yang kita lihat, ponsel ini punya beberapa modul kamera: modul utamanya bersensor relatif besar yaitu 1/1.28″ dengan resolusi 50 MP dan bukaan f/1.9.

Modul kedua yaitu modul ultrawide 50 MP f/2.2 dan yang ketiga telefoto 48mm f/1.9 dengan sensor yang lebih kecil. Penggunaan sensor 50MP untuk ketiga kamera cukup menarik, karena di ponsel lain biasanya resolusinya berbeda-beda. Hasil foto dengan resolusi 50 MP di kondisi terang sangat baik dan detail. Tapi output fotonya secara default untuk semua modul kamera adalah 12MP yang dihasilkan dari pixel binning (penggabungan pixel) untuk hasil foto yang lebih solid di berbagai kondisi.

Yang tidak ada dari ponsel ini adalah modul kamera ini adalah modul telefoto zoom, akibatnya kalau foto subjek jauh kurang bagus karena kamera terpaksa harus melakukan digital crop dari modul kedua yaitu yang ekuivalen dengan 48 mm yang sebenarnya lebih pas kalau dibilang lensa standard/normal.

Review Xiaomi 12 ProHasil kamera tele Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin

Kualitas gambar yang dihasilkan Xiaomi ini berkarakter tajam, dengan warna yang saturasinya tinggi. Untuk foto pemandangan, hasil foto terlihat langsung meriah, tapi sayangnya untuk foto portrait manusia, saya merasakan kadang warnanya kurang alami, kadang agak kehijauan atau terlalu warnanya terlalu pekat misalnya terlalu orange saat terkena sinar matahari.

Seperti layaknya ponsel kelas atas lainnya, foto malam terbilang masih bagus dari segi ketajaman dan warnanya, khususnya jika dilihat di layar ponsel. Meskipun demikian, kalau kita perbesar maka akan terlihat noise dan / atau detail menjadi kurang jelas.

Review Xiaomi 12 ProHasil kamera portrait Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 12 ProHasil kamera Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 12 ProModul kamera utama/wide Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 12 ProModul kamera ultrawide Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin

Salah satu yang cukup unik dan menarik dari ponsel ini adalah adanya filter warna yang cukup trendy misalnya nuansa emas yang membuat nuansa warna menjadi jingga dan biru muda. Tentunya banyak filter-filter lain yang bisa teman-teman coba.

Review Xiaomi 12 ProReview Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 12 ProReview Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin

Spesifikasi video juga terbilang tinggi, dapat merekam sampai 8k 24fps, 4k 30/60 fps dan Full HD 960fps. Kamera utama punya optical image stabilizer dan semua kamera juga dilengkapi dengan gyro electronic stabilization. Kami sempat mengambil beberapa footage video untuk b-roll saat membuat konten dan hasilnya cukup stabil dan mulus.

Review Xiaomi 12 ProReview Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 12 ProReview Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin
Review Xiaomi 12 ProReview Xiaomi 12 Pro Foto: Dok. Enche Tjin

Xiaomi Mi 12 Pro ini cocok untuk cocok untuk yang menyukai foto-foto dengan hasil yang cerah langsung dari kamera tapi tidak begitu cocok untuk yang menyukai foto dengan warna yang alami atau suka memotret subjek yang jauh. Harapan saya di model2 berikutnya bisa ada mode yang lebih alami, seperti ponsel kerja sama Xiaomi dan Leica, yang sayangnya belum masuk ke Indonesia.



Simak Video "Xiaomi 12 Pro, Android Gahar nan Compact"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT