Review Samsung The Freestyle: Proyektor Portabel Komplit dan Unik

Review Samsung The Freestyle: Proyektor Portabel Komplit dan Unik

ADVERTISEMENT

Review Samsung The Freestyle: Proyektor Portabel Komplit dan Unik

Adi Fida Rahman - detikInet
Minggu, 09 Okt 2022 19:10 WIB
Samsung Freestyle
Review Samsung Freestyle. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Proyektor portable jadinya bukan gadget baru, namun Samsung berhasil memberikan perangkat yang komplit fungsinya dan unik dari banyak produk sejenisnya.

The Freestyle, demikian vendor asal Korea Selatan itu menyebutnya. Nama itu rasanya cukup menggambarkan kemampuan yang dibawa.

Tak sekadar memproyeksikan gambar, The Freestyle bisa jadi perangkat streaming konten dan alat menciptakan cahaya ambient. Sudut penggunaannya pun bisa disesuaikan dengan keinginan.

Tapi apakah The Freestyle patut untuk dibeli? Nah berikut review singkat yang bisa dijadikan bahan pertimbangan.

Desain

Samsung Freestyle punya dimensi 95,2 x 171,4 x 95,2mm. Berpadu dengan bobot yang hanya 0,8kg membuat proyektor ini mudah dibawa ke mana-mana.

Soal tampilan, Freestyle terlihat berbeda dari proyektor mini konvensional. Alih-alih bentuk persegi panjang, Samsung merancang The Freestyle berbentuk tabung silinder.

Proyektor itu ditopang oleh dudukan aluminium sehingga dapat berdiri kokoh. Selain itu Samsung memasang engsel 180 derajat, memungkinkan pengguna mengatur sudut proyeksi dari 90 hingga 180 derajat.

Samsung FreestyleBagian atas Samsung Freestyle Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Freestyle yang dikirimkan ke redaksi detikINET dibalut warna putih. Bagian atas terdapat lensa yang dikelilingi tombol sentuh untuk mengontrol volume, mikrofon dan daya.

Ada tombol mic, port mini HDMI dan USB Type C untuk pengisian daya ditempatkan di samping bodi. Sementara di bagian bawah terdapat lubang untuk speaker 360 derajat yang dikombinasikan dengan pendingin.

Samsung FreestyleSamsung Freestyle Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Untuk konektivitas nirkabel tersedia Wi-Fi 5, Wi-Fi Direct, Bluetooth 5.2. Samsung memberikan remote control warna putih yang menyediakan tombol navigasi serta shortcut untuk akses Netflix, Prime Video, Disney+, dan Samsung TV Plus.

Selain itu disertakan penutup lensa untuk melindungi komponen penting proyektor dan menjadikannya lampu pintar yang manis.

Samsung FreestyleRemote Samsung Freestyle Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Fitur

Freestyle menjalankan TizenOS. Ini adalah sistem operasi yang digunakan pada jajaran Smart TV dan Smart Monitor milik Samsung.

Tampilan TizenOS begitu simple sehingga gampang dioperasikan oleh yang belum pernah menggunakannya sekalipun. Tapi perlu sedikit sabar karena proses navigasi agak terasa lamban.

Pun begitu penggunaan TizenOS memungkinkan kita menginstall banyak aplikasi hiburan, mulai dari Netflix hingga Apple TV. Semua aplikasi tersebut dapat didownload di toko aplikasi Samsung.

Samsung FreestyleSamsung Freestyle menjalankan TizenOS. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Freestyle juga memungkinkan kita menghubungkan ponsel untuk tampilan layar lebar, melalui aplikasi Samsung SmartThings atau langsung dari iPhone menggunakan AirPlay 2.

Samsung menambahkan dukungan asisten pintar Bixby dan Amazon Alexa untuk memudahkan pengoperasian menggunakan perintah suara.

Tak kalah menariknya terdapat Mode Ambient yang mengubah proyektor menjadi instalasi ringan, berguna sekali saat mengadakan acara di rumah. Menawarkan berbagai pola dan pesan berwarna, misalnya Selamat Ulang Tahun.

Selanjutnya Display, Audio dan Baterai

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT