Review Infinix Note 12 VIP, Bukan HP Gaming Tapi Performa Ekstrem

ADVERTISEMENT

Review Infinix Note 12 VIP, Bukan HP Gaming Tapi Performa Ekstrem

Panji Saputro - detikInet
Jumat, 19 Agu 2022 13:09 WIB
Infinix Note 12 VIP
Review Infinix Note 12 VIP, Bukan HP Gaming Tapi Performa Ekstrem (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)
Jakarta -

Siapa yang pernah menyangka, bahwa ponsel mainstream besutan Infinix, ternyata memiliki performa yang cukup ekstrem. Meskipun kemampuannya tidak bisa disandingkan dengan ponsel gaming, cukup memberikan ancaman bagi para perangkat seluler lain di kelasnya.

Kebolehan ponsel ini, tersirat dari beragam keunggulan yang sudah dicanangkannya. Setidaknya ada empat kehebatan yang ditonjolkan oleh Infinix Note 12 VIP, di mana salah satunya membawa kemampuan pengisian daya super duper cepat 120W.

Nah, tapi tunggu dulu, apakah kepercayaan dirinya benar-benar bisa menjadi daya tarik bagi para penikmat ponsel canggih? Kira-kira, apakah layak smartphone ini menemani aktivitas detikers sehari-hari, termasuk bermain game?

Daripada penasaran, berikut review singkat Infinix Note 12 VIP. Semoga bisa menjadi referensi detikers, sebelum memutuskan untuk membelinya.

Review Infinix Note 12 VIP

Desain

Sebelumnya, Infinix Note 12 VIP, telah meluncur secara global pada bulan Mei Lalu. Kemudian tidak perlu waktu lama, hingga akhirnya menyambangi Indonesia.

Pada kesempatan kali ini, detikINET sendiri berkesempatan untuk menjajal langsung ketangguhan dari smartphone baru mereka. Kebetulan, kami kedatangan varian warna Cayenne Grey.

Dari segi desain bungkusnya, tidak terlalu jauh berbeda dengan Infinix Note 12, di mana perbedaannya di bagian gradasi dan sedikit ornamen glossy di dekat tulisan Note 12. Kendati begitu, bila berbicara soal performa, sudah jelas sangat berbeda.

Ketika mengoprek isi kardus, pengguna akan dihadapkan oleh beberapa item, seperti hp Infinix Note 12 VIP itu sendiri, buku panduan, kartu perdana, case, tempered glass, SIM tray ejector, kabel USB Type-C, dan kepala charger 120W HyperCharge. Berbicara soal bentuk body, terlihat Infinix ingin membawa kesan yang stylist dan elegan.

Material bodinya terbuat dari aerospace grade fiberglass. Bagian belakangnya mengaplikasikan finishing matte, di mana membawa kesan yang premium.

Infinix Note 12 VIPInfinix Note 12 VIP Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Jika kalian melihatnya di cover belakang, terdapat frame yang memiliki lebar hampir setara dengan ukuran smartphone. Lalu dikombinasikan oleh tiga kamera utama, flash, dan pastinya logo VIP.

Masih di bagian belakang, terdapat pula logo Infinix, yang posisinya di sebelah kiri bawah smartphone. Logo tersebut dibuat agak transparan, dengan sentuhan glossy.

Jadi terlihat lebih elegan, karena tidak terlalu banyak ornamen atau hiasan yang mencolok. Menyingsir area bawah smartphone, terdapat empat lubang kecil berperan sebagai sebuah speaker, microphone, colokan charger Type-C, dan audio jack 3,5mm.

Beralih ke sisi kanan, ada tombol power yang berguna juga untuk fingerprint scanner dan ada tombol volume suara. Sedangkan di sebelah kiri, hanya terdapat slot untuk dua nano sim card dan satu micro sd.

Bila melihat di bagian atas, ada dua lubang kecil berperan sebagai speaker dan satu lubang berfungsi untuk microphone. Bobotnya sendiri tidak terlalu berat hanya 198 gram saja, dan dimensinya cukup tipis, berukuran 163,7 x 76,7 x 7,89 mm.

Jika detikers sadar, smartphone ini memiliki dual speakar. Darryl Chandra, Public Relations Manager Infinix Indonesia, sempat mengatakan bahwa speaker tersebut dibekali teknologi Digital Theater Sound (DTS), untuk memberikan pengalaman mendengarkan musik, menonton video, atau bermain game lebih memuaskan.

Layar

Infinix Note 12 VIP siap memanjakan mata penggunanya, dengan membawa layar panel Super Light AMOLED yang mendukung 10-bit, dan cakupan DCI-P3 100%. Ukurannya sendiri mencapai 6,7 inch, dengan resolusi Full HD+ (2400x1800p), serta refresh rate 120Hz dan touch sampling rate 360Hz.

Berdasarkan pengalaman memakainya, refresh rate Infinix Note 12 VIP bisa diatur sesuai keinginan. Setidaknya ada dua pilihan, yakni 60Hz dan 120Hz.

Jika detikers menginginkan animasi yang lebih halus ketika scroll layar, bisa memanfaatkan performa maksimumnya di 120Hz. Hanya saja, ini akan mengurangi masa baterai lebih cepat habis.

Infinix Note 12 VIPInfinix Note 12 VIP Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Berbeda bila kalian menggunakan refresh rate di angka 60Hz saja. Ketahanan baterai, terjamin dapat bertahan lebih lama.

Nah, untuk mempermudah pengoptimalan keduanya, Infinix menyediakan pilihan ketiga, yakni refresh rate otomatis. Jadi secara otomatis akan beralih, sesuai dengan penggunaan sesungguhnya.

Untuk memberikan kesan lapang di layar, bezel yang diusung pun cukup tipis, dan posisi kamera depan ditempatkan di bagian tengah atas. Tak luput LED Flash yang berada di ujung sisi kanan atas layar.

Tidak perlu khawatir, penempatan LED Flash sendiri tidak akan mengganggu penglihatan pengguna saat menggunakan smartphone ini. Hal ini mengingat keberadaannya dibuat samar, sehingga orang-orang tidak akan menyadari letak dari LED Flash itu sendiri.

Nah soal fitur, Infinix sepertinya tidak mau kalah. Hasil pantauan detikINET melalui menu setting di dalam smartphone ini, setidaknya total ada tujuh keunggulan spesial di menu Special Function.

Pertama ada Lighting Multi-Window, lalu MemFusion, Smart Panel, Social Turbo, Game Mode, XClone, dan video Assistant. Mereka semua memiliki fungsi dan keunggulannya masing-masing.

Selanjutnya Kualitas Kamera 108 MP...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT