Review Logitech MX Master 3S, Mouse Premium yang Pendiam

Review Logitech MX Master 3S, Mouse Premium yang Pendiam

ADVERTISEMENT

Review Produk

Review Logitech MX Master 3S, Mouse Premium yang Pendiam

Anggoro Suryo - detikInet
Minggu, 19 Jun 2022 19:15 WIB
Logitech MX Master 3S
Foto: Dok. Logitech
Jakarta -

MX Master 3 menurut saya adalah mouse Logitech yang paling premium di luar keperluan gaming. Sempurna rasanya. Namun kemudian mereka merilis MX Master 3S. Apa lagi yang mau ditingkatkan?

Bentuk keduanya mirip, bahkan di genggaman pun terasa sangat sama. Rasanya akan sulit membedakan mana MX Master 3 dan 3S. Lalu Logitech dengan pintarnya memberikan pilihan warna yang sama.

Saat dijejerkan, MX Master 3 dan 3S seperti dua mouse kembar. Kebetulan, MX Master 3 yang saya pakai berwarna graphite. MX Master 3S yang dikirimkan oleh Logitech, juga berwarna graphite.

Logitech MX Master 3SLogitech MX Master 3S (kiri) dan MX Master 3 (kanan) Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Ada enam tombol pada bodi MX Master 3S. Dua tombol di kiri dekat ibu jari, dan sebuah tombol yang ada di bawahnya. Kemudian pada bagian atas ada dua tombol standar mouse, dan sebuah tombol untuk mengubah mode scrolling.

Kemudian tombol scrollnya ada dua, satu di atas dan satu lagi di bagian kiri untuk diakses menggunakan ibu jari. Keduanya berbahan metal, menggunakan teknologi magnet seperti di MX Master 3 (yang menurut saya merupakan hal paling menyenangkan dari mouse ini).

Layaknya mouse premium Logitech lain, tombol-tombol ini bisa dikustomisasi lewat software Option+. Tentunya untuk menyesuaikan kebutuhan masing-masing penggunanya.

Logitech MX Master 3SLogitech MX Master 3S Foto: Dok. Logitech

Misalnya, tombol scroll samping ini bisa dipakai untuk mengatur volume, zoom, atau berpindah dari satu tab ke tab lainnya di browser. Namun harus diakui, perlu sedikit adaptasi untuk bisa lancar memakai tombol scroll horizontal ini.

Pengisian baterai mouse ini dilakukan lewat port USB-C, dan Logitech mengklaim kalau baterainya akan bertahan selama 70 hari pemakaian normal. Tentu saya tak bisa memastikan klaim itu di MX Master 3S, namun dari pengalaman memakai MX Master 3 selama lebih dari setahun, rasanya klaim itu bisa dengan mudah terpenuhi.

Pada spek teknis, perbedaan MX Master 3 dan MX Master 3S tak banyak. MX Master 3S punya sensor dengan resolusi lebih tinggi. Yaitu 8000 DPI, naik dari 4000 DPI yang ada di MX Master 3. Kemudian Logitech juga mengklaim kalau tombol mouse ini 90% lebih senyap.

Oh ya, MX Master 3S tak memakai dongle Unifying Receiver lagi seperti MX Master 3. Donglenya kekinian, yaitu Logi Bolt (dijanjikan lebih aman ketimbang Unifying Receiver), meski bentuknya, ya, sama saja. Masih memakai port USB-A. Mousenya mendukung tiga koneksi yang bisa dipilih lewat bagian bawah mouse.

Klaim Logitech yang menyebut MX Master 3S 90% lebih senyap juga terbukti. Menekan tombol klik di mouse ini bisa bilang tak menghasilkan suara sama sekali. Feel clicky-nya tetap ada, namun tidak ada suaranya. Makanya saya sebut MX Master 3S ini sebagai mouse yang pendiam.

Di bagian ini, tentu kembali lagi pada selera pengguna. Tak semua orang suka dan perlu mouse yang senyap seperti ini. Jika bekerja di ruangan kantor yang senyap dan punya rekan kerja dengan telinga sensitif dengan suara mouse? Mungkin MX Master 3S ini cocok untuk anda.

Namun untuk saya, seperti ada yang salah rasanya jika memakai mouse yang kliknya tak bersuara.

Kemudian soal resolusi yang lebih tinggi, 8000 DPI berbanding 4000 DPI. Menurut Logitech, resolusi ini diperlukan untuk para profesional yang menggunakan layar 4K ke atas, bahkan 8K, agar kursor bisa bergerak lebih cepat dari satu sisi layar ke sisi lainnya.

Namun pada praktiknya, di MX Master 3 yang saya pakai dengan monitor 4K dan DPI saya atur ke 75% (maksimal 4000 DPI), perpindahan kursos dari satu sisi layar ke sisi lainnya pun sudah sangat cepat, dan jika dimaksimalkan, malah jadi terlalu cepat.

Jadi kesimpulan saya, untuk pengguna MX Master 3, rasanya tak perlu upgrade ke MX Master 3S. Kecuali jika memang tak suka dengan suara klik pada mouse. Namun untuk pengguna mouse lain, mungkin MX Master 2S, MX Master 3S patut untuk dipertimbangkan jika ingin upgrade.



Simak Video "Bintang Drama Mouse, Cheon Jeong Ha Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT