Review Logitech G413 TKL SE, Cocok Buat Main Game dan Kerja Kantoran

ADVERTISEMENT

Review Logitech G413 TKL SE, Cocok Buat Main Game dan Kerja Kantoran

Panji Saputro - detikInet
Selasa, 07 Jun 2022 08:45 WIB
Review Logitech G413 TKL SE, Cocok Buat Main Game dan Kerja Kantoran
Review Logitech G413 TKL SE, Cocok Buat Main Game dan Kerja Kantoran (Foto: Panji Sapturo/detikINET)
Jakarta -

Sudah bukan menjadi hal tabu, memberdayakan keunggulan keyboard mekanik, sebagai penunjang gamer ketika bermain game. Namun sayangnya, tidak sedikit dari perangkat tersebut yang memiliki harga jual cukup mahal.

Hal ini lah yang dimanfaatkan oleh Logitech. Mengandalkan produk baru mereka bertajuk G413 SE dan G413 TKL SE, perangkat keras untuk mengetik ini, memiliki harga terjangkau.

Lantas bagaimana dengan kehebatannya? Apa sih yang ditawarkan oleh produk baru dari Logitech tersebut, dan kira-kira bagus tidak ya?

Untuk memberikan gambaran dan menjawab rasa penasaran detikers, berikut review singkat Logitech G413 TKL SE.

Desain

Review Logitech G413 TKL SE, Cocok Buat Main Game dan Kerja KantoranReview Logitech G413 TKL SE, Cocok Buat Main Game dan Kerja Kantoran Foto: (Panji Sapturo/detikINET)

Dari dua produk baru yang tersebar di pasar, kebetulan tim detikINET kedatangan tipe Logitech G413 TKL SE. Di mana perbedaannya cukup sederhana dengan yang versi full size, yaitu perangkat ini tidak memiliki tombol angka di bagian kanan, print screen, scroll lock dan pause break.

Akan tetapi, untuk seluruh fitur dan spesifikasi ditawarkan tidak berbeda antara full size dan TKL. Hanya saja, bila detikers termasuk tipe orang yang tidak berkutat pada tombol angka, mungkin bisa menjatuhkan hati kepada G413 TKL SE saja.

Saat dirinya bertandang, tidak ada hal spesial yang disuguhkan dari segi kemasan produk. Logitech memilih desain lebih minimalis, tetapi tidak terlihat murahan.

Ketika membukanya, pengguna hanya akan ditawarkan satu buah keyboard dengan bentangan kabel colokan cukup panjang. Kurang lebih sekitar 1,8 meter dan di ujungnya disajikan USB Type A.

Finishing setiap keycap terbilang sempurna. Tidak longgar atau terlalu sempit, antara satu dengan yang lainnya. Semuanya terasa pas dan mantap.

Secara umum, kalian pasti melihatnya sangat sederhana, dengan warna dasar full hitam. Hanya saja, material plastik di bagian bawah dan aluminium alloy di atasnya, memperkuat kesan minimalis dan tampil sungguh elegan.

Ditambah penempatan setiap simbol di tombol F1 hingga F12. Di mana pengembang memindahkannya di bagian bawah. Sehingga tidak terlihat ramai, bila kalian melihatnya dari posisi atas.

Kemudian terdapat logo Logitech yang memiliki ukuran pas di ujung kanan, tidak terlalu besar atau kecil. Lalu di sampingnya ada indikator untuk tombol Capslock dan Scroll Lock (Scrlk).

Di dekatnya tidak ada ada tombol tambahan. Hanya kabel usb keyboard yang sudah terpasang dan tidak dapat dilepas.

Pindah di bagian bawah, menampilkan spesifikasi teknis, empat karet penopang dan dua buah riser (dudukan). Kendati dudukan tersebut sudah digunakan, posisi keyboard masih terlihat rendah.

Bobotnya sendiri cukup ringan mencapai 650 gram dan sangat kokoh. Panjangnya sekitar 33 mm, lebar 127 mm dan tinggi 36,3 mm.

Jadi tidak perlu khawatir soal ukuran. Karena tidak memakan banyak tempat ketika menggunakannya di meja kerja.

Selanjutnya Mengenai Fitur dan Performa

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT