Review Realme 9 Pro Plus: Kamera Flagship di Kelas Menengah

ADVERTISEMENT

Review Realme 9 Pro Plus: Kamera Flagship di Kelas Menengah

Virgina Maulita Putri - detikInet
Rabu, 16 Mar 2022 09:45 WIB
Realme 9 Pro Plus
Review Realme 9 Pro Plus Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Realme mengawali tahun 2022 dengan meluncurkan duo ponsel mid-range, Realme 9 Pro dan Realme 9 Pro Plus. Tapi ulasan kali ini akan fokus pada Realme 9 Pro Plus yang mengandalkan kamera dengan sensor mutakhir Sony IMX766.

Realme 9 Pro Plus jadi varian terbaru di 'number series' dan menjadi model pertama yang mengusung embel-embel '+' di belakangnya. Tentu saja dengan penambahan Plus di namanya ponsel ini membawa banyak peningkatan dari segi spesifikasi dan fitur.

Menjagokan kamera kelas flagship di dalam ponsel kelas menengah, seperti apa performa Realme 9 Pro Plus saat digunakan untuk kegiatan sehari-hari? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Desain

Salah satu aspek yang langsung menarik perhatian dari Realme 9 Pro Plus adalah desainnya. Jika dibandingkan dengan Realme 8 Pro, desain ponsel ini terlihat lebih dewasa dan mewah.

Tidak ada lagi tulisan 'Dare to Leap' yang melintang di panel bagian belakangnya. Housing kamera belakangnya juga memiliki warna yang senada dengan semua panel belakangnya.

Realme 9 Pro Plus hadir dengan dua pilihan warna yaitu Sunrise Blue, Aurora Green, dan Midnight Black. Unit yang mampir ke detikINET sendiri merupakan Sunrise Blue dengan gradasi warna biru dan oranye/kuning serta kilauan glitter yang membuat tampilannya makin menonjol.

Tapi pesona Realme 9 Pro Plus tidak sampai di situ saja. Berkat Light Shift Design yang mengadopsi konsep photochromic, Realme 9 Pro Plus bisa berubah warna menjadi merah keunguan saat terkena sinar matahari langsung. Prosesnya hanya memakan waktu sekitar 3 detik, tapi jika cuacanya agak berawan biasanya ponsel jadi sulit berubah warna.

Hasil foto Realme 9 Pro+Realme 9 Pro+ berubah warna di bawah sinar matahari Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET

Selain panel belakangnya yang bisa berubah warna, desain keseluruhan Realme 9 Pro Plus terbilang konvensional. Mulai dari bagian belakang, terdapat modul kamera yang diisi tiga kamera belakang. Modul ini terbilang cukup tebal sehingga membuat Realme 9 Pro Plus tidak bisa dibaringkan secara rata ketika ditaruh di atas meja.

Panel belakangnya yang terbuat dari kaca memiliki finish glossy sehingga membuat ponsel ini rentan terhadap bekas sidik jari. Panel belakangnya juga dibuat sedikit melengkung di sisi kiri dan kanan sehingga membuat ponsel nyaman digenggam.

Realme 9 Pro Plus memiliki bingkai plastik datar yang mengelilingi keempat sisinya. Bingkai ini hadir dengan warna biru yang senada dengan warna panel belakangnya dan memiliki finish matte.

Di bagian depan terdapat layar dengan punch hole di sisi kiri atas dan dilapisi Gorilla Glass 5. Bezel yang mengelilingi layar ini di bagian atas, kiri, dan kanan cukup tipis, tapi bagian dagunya sepertinya bisa dikecilkan lagi.

Selanjutnya, bagian bawah Realme 9 Pro Plus dihuni oleh headphone jack 3,5 mm, port USB-C, dan speaker. Tombol volume dan slot kartu SIM ditempatkan di sisi kiri. Sayangnya Realme 9 Pro Plus tidak menyediakan slot untuk ekspansi microSD. Bagian kanan ponsel hanya diisi oleh tombol Power.

Selanjutnya Layar dan Antarmuka

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT