Review Xiaomi 11T, Performa Flagship dengan Harga Menengah

Review Xiaomi 11T, Performa Flagship dengan Harga Menengah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Rabu, 24 Nov 2021 06:19 WIB
Jakarta -

Mi 10T adalah salah satu ponsel Xiaomi yang populer di Indonesia, karena menawarkan performa kencang dengan harga yang relatif terjangkau.

Kini penerusnya sudah dirilis dengan nama yang sedikit berubah, menjadi Xiaomi 11T (dan 11T Pro). Harganya masih relatif terjangkau, lebih murah dibanding Mi 11 dan Mi 11 Ultra, namun bagaimana performanya?

Perbedaan antara 11T dan 11T Pro tak banyak namun kentara. Yaitu system on a chip (SoC) yang dipakai, yaitu MediaTek Dimensity 1200 vs Qualcomm Snapdragon 888. Namun perbedaan spesifikasi yang kentara ini juga dipisahkan oleh selisih harga yang lumayan, yaitu Rp 6 juta untuk 11T berbanding dengan Rp 7 juta dan Rp 7,5 juta untuk 11T Pro.

Desain

Xiaomi 11T yang kami jajal adalah varian dengan warna Celestial Blue, yang sebenarnya tak biru-biru amat. Terutama karena warna yang muncul akan berbeda sesuai dengan arah pantulan cahaya.

Meski sekilas terlihat ini adalah bodi yang mengkilap, menariknya bodi belakang ini tak terlalu mudah kotor akibat sidik jari penggunanya. Bodinya pun tak terlalu licin, terutama dibanding Mi 11 yang sangat licin bodi belakangnya.

Xiaomi 11TXiaomi 11T Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bodi 11T sendiri terbilang tebal, tak seperti kebanyakan ponsel kelas flagship, ini karena baterainya yang besar, yaitu 5.000 mAh. Sertifikasi IP53 ada pada ponsel ini, yang artinya 11T ini cukup tahan dari debu dan percikan air, sampai level tertentu.

Oh ya, perbedaan lain antara Xiaomi 11T dengan 11T Pro adalah charger yang disertakan. Jika versi Pro dilengkapi charger 120W, 11T ini chargernya 'hanya' 67W, sama seperti yang ada di Mi 11 Ultra. Charger ini diklaim bisa mengisi penuh dari kosong dalam waktu 36 menit.

Xiaomi 11TXiaomi 11T Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Sensor sidik jari Xiaomi 11T ada pada tombol power, sama seperti beberapa seri ponsel Xiaomi lain. Sensornya responsif, posisinya pas dan nyaman saat dipakai.

Slot kartu SIM ada dua, masing-masing berukuran nano. Tak ada slot microSD untuk tambahan storage. IR blaster yang jadi ciri khas Xiaomi juga tetap ada, yang membuat ponsel ini bisa menjadi remote untuk bermacam perangkat lain. Oh ya, tak ada port audio 3,5mm di ponsel ini.

Layar dan Performa ada di halaman berikutnya...