Review Apple Watch Series 6: Si Mungil dengan Jeroan Mumpuni

Review Apple Watch Series 6: Si Mungil dengan Jeroan Mumpuni

Lucas Aditya - detikInet
Kamis, 21 Okt 2021 18:00 WIB
Apple Watch 6
Apple Watch 6. Foto: Lucas Aditya/detikINET
Jakarta -

Apple sudah menghadirkan Watch Series 6 ke Indonesia. Perbaikan apa saja yang dilakukan produsen produk elektronik asal Amerika Serikat itu?

Apple Watch Series 6 hadir dengan 2 ukuran seperti dua pendahulunya. Beberapa upgrade, disesuaikan dengan kondisi pandemi COVID-19, dilakukan oleh Apple.

Untuk fanboy Apple Watch, berikut review detikINET setelah menjajalnya selama beberapa pekan.

Desain

Apple watch series 6 tak ada perubahan desain dibandingkan seri-seri sebelumnya. Bentuk kotak dengan sudut jam melengkung masih dipertahankan oleh Apple. Secara kasat mata, desainnya identik dengan yang seri 4.

Ada pembaruan pada speaker --yang lebih lantang 50 persen, juga ada delapan buah LED di bagian belakang jam untuk mengukur oksigen darah sampai detak jantung.

Apple Watch 6Apple Watch 6 Foto: Lucas Aditya/detikINET

Bodi Apple watch series 6, yang masih berbahan aluminium, harus diperlakukan dengan hati-hati. Masalah pada Apple watch sejak seri pertama masih sama, gampang scratch untuk yang berjenis bahan itu.

Apalagi, untuk Apple Watch series 6 diklaim mempunyai body alumunium yang lebih tipis 11 persen dibandingkan seri 3. Sepertinya jam ini masuk dalam kategori handle with care. Bahan aluminium memang lebih lunak dibandingkan material stainless steel.

Digital crown masih dipertahankan di salah satu sisi jam Apple Watch Series 6. Cara melepas strap juga tetap menggunakan tombol di bagian belakang jam.

Bagian belakang jam berupa keramik, mempunyai daya tahan yang lebih bagus dibandingkan yang berbahan komposit. Tak, ada risiko jam korosi saat terkena keringat atau cairan yang bersifat abrasif seperti yang terjadi di bahan komposit.

Apple Watch 6Apple Watch 6 Foto: Lucas Aditya/detikINET

Performa dan Fitur

Apple Watch Series 6 menanamkan fitur yang mendukung protokol kesehatan untuk pandemi. Jam akan mendeteksi saat pengguna mencuci tangan, diingatkan agar sampai 20 detik.

Selain itu, ada juga sensor untuk mengukur kadar oksigen dalam darah. Saturasi oksigen menjadi salah satu menu wajib yang ada di smartwatch yang dikeluarkan di era pandemi COVID-19.

Seperti seri-seri sebelumnya, sensor untuk mengukur detak jantung secara real time juga masih disematkan di Apple watch series 6.