Review Samsung Galaxy Z Fold 3: Makin Tangguh Buat Kerja dan Hiburan

Review Samsung Galaxy Z Fold 3: Makin Tangguh Buat Kerja dan Hiburan

Moch Prima Fauzi - detikInet
Senin, 06 Sep 2021 19:10 WIB
Galaxy Z Fold 3
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Sejak awal kehadirannya seri Galaxy Z Fold telah membawa inovasi di dunia ponsel pintar. Dengan membawa teknologi layar lipat, Galaxy Z Fold menghadirkan sensasi dan pengalaman baru kepada penggunanya.

Tak terasa seri Galaxy Z Fold kini sudah hadir hingga generasi ketiga, yakni Galaxy Z Fold 3. Samsung pun terus melakukan penyempurnaan. Setelah resmi diluncurkan, detikINET mencoba ketangguhan Samsung Galaxy Z Fold 3 yang disebut lebih tangguh dari seri terdahulunya.

Berikut ini review Samsung Galaxy Z Fold 3:

Desain

Unit Samsung Galaxy Z Fold 3 yang kami gunakan berkelir Phantom Black. Namun, sebagai informasi, Samsung juga menawarkan dua varian warna lainnya yakni Phantom Green dan Phantom Silver di pasaran.

Warna hitam pekat menyelimuti bagian engsel, rangka, cover belakang, dan bezel layar ponsel. Tampilan engsel dan bezel layar dibikin lebih glossy, sementara rangka dan cover belakang tampak lebih nge-doff.

Dimensi Samsung Galaxy Z Fold 3 yakni 158,2 x 128,1 x 6,4 mm saat dibuka, dan 158,2 x 67,1 x 14,4-16 mm saat dilipat. Ketika pertama kali memegangnya, ponsel ini terasa kokoh. Material yang digunakan Samsung pada Galaxy Z Fold 3 terasa solid.

Galaxy Z Fold 3Review Galaxy Z Fold 3 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bobotnya memang lebih berat dari ponsel pintar pada umumnya, meski begitu Samsung sebenarnya sudah memangkas bobot Galaxy Z Fold 3 menjadi 271 gram. Sebelumnya Galaxy Z Fold 2 bobotnya 282 gram. Meski secara angka terpaut tipis, namun pada kenyataannya cukup berdampak. Saat dilipat, Galaxy Z Fold 3 jadi terasa lebih compact dan nyaman di genggaman.

Karena ponsel ini bisa dilipat maka akan tampak menonjol ketika ditaruh di saku celana. Sementara di saku baju terasa lebih berat. Kami pun kurang menyarankan menyimpannya di saku baju karena rawan jatuh ketika membungkuk, serta kurang nyaman saat dibawa.

Rahasia mekanisme lipat Galaxy Z Fold3 ini karena memiliki engsel di tengahnya. Kehadirannya baru akan terlihat ketika ponsel dilipat. Sementara saat ponsel terbuka, akan tertutup oleh rangka bodi. Di bagian engsel ini juga terpampang logo Samsung. Permukaannya dibuat glossy namun tidak menimbulkan banyak sidik jari. Kesan glossy di bagian ini membuatnya tampak mewah.

Samsung hanya menyertakan dua tombol fungsional yang letaknya berada di samping kanan. Posisinya agak sedikit atas dengan susunan secara vertikal. Tombol bagian atas merupakan kontrol volume, dan yang kedua merupakan tombol daya sekaligus fingerprint. Sekilas Anda hanya akan melihat tombol volume karena tombol daya disimpan agak lebih dalam.

Lalu ada pula slot SIM card yang berada di sisi kiri. Ketika dilipat posisinya akan bersandingan dengan tombol daya dan volume. Samsung juga menyertakan dua speaker audio di atas dan bawah. Sementara lubang port USB type-c di di bawah zona kanan.

Sementara bagian belakang hanya akan terlihat bulatan tiga kamera utama dan satu lampu flash. Posisinya berjejer secara vertikal dan dibuat lebih menonjol dari cover belakangnya. Desain seperti ini membuat bagian belakang Galaxy Z Fold 3 tampil lebih gahar.

Halaman berikutnya: Layar dan Antarmuka