Kamera Vivo X60 Pro Praktis Buat Bikin Konten Foto Video

Review

Kamera Vivo X60 Pro Praktis Buat Bikin Konten Foto Video

Enche Tjin - detikInet
Selasa, 20 Jul 2021 15:00 WIB
review vivo x60 pro
Vivo X60 Pro. Foto: Dok. Enche tjin
Jakarta -

Vivo X60 Pro adalah salah satu ponsel unggulan Vivo yang bukan hanya memiliki modul kamera yang komplit tapi juga inovasi di fitur videonya.Perangkat ini memiliki beberapa varian, yang membuat varian X60 Po ini unggul yaitu layarnya memiliki desain waterfall yang melebar sampai ke sisi ponsel yang memberikan kesan mewah dan lega.

Varian ini juga menonjolkan gimbal stabilization versi 2.0 di kamera utamanya yang sangat membantu saat merekam video sambil berjalan-jalan.

review vivo x60 pro Ponsel Vivo versi Shimmer Blue Foto: Dok. Enche tjin

Secara desain, ponsel ini terasa tipis dan ringan, beratnya hanya 179gram dengan bahan alumunium frame, dan layar 6.5 inci yang sangat lebar dan jernih. Layar ini memilii refresh rate 120hz yang cepat dan mendukung tampilan HDR 10+. Processor yang dimiliki bagus untuk kamera yang harganya berkisar antara 5-10 juta yaitu Snapdragon 870 5G dengan arsitektur 7 nanometer.

Modul kameranya terdiri dari tiga modul yang dalam pengembangannya bekerjasama dengan perusahaan optik terkenal Zeiss dari Jerman. Modul kamera utamanya memiliki lensa lebar ekuivalen 26mm dengan bukaan f/1.5. Resolusi maksimumnya 48MP dengan sensor 1/2 inci dan didukung oleh autofokus cepat PDAF dan gimbal stabilization.

Modul kamera kedua yaitu modul ultrawide 13mm dengan bukaan f/2.2 dan yang ketiga yaitu modul lensa telephoto ekuivalen 50mm 13mp, f/2.5 dengan kemampuan 2x optical zoom dan ukuran sensor 1/2.8 inci.

review vivo x60 proReview Vivo X60 Pro Foto: Dok. Enche tjin

Penggemar fotografi akan senang dengan ponsel ini karena memiliki modul kamera yang cukup lengkap, dari ultrawide, wide dan medium telefoto. Hasil fotonya juga memuaskan, terang gelapnya tepat dengan warna yang terlihat alami dan matang dari kameranya.

Di kondisi kurang cahaya seperti di saat malam hari saat matahari telah tenggelam, warna yang dihasilkan masih bagus. Untuk detail dan ketajamannya juga masih lumayan di lihat di ponsel. Hanya saat diperbesar detail dan ketajamannya terlihat kurang relatif jika dibandingkan dengan kamera DSLR/mirrorless, tapi untuk cetak foto ukuran 40×30 cm masih akan terlihat bagus dan detail jika dilihat dari dekat sekalipun.

review vivo x60 proKamera dengan lensa wide/kamera utama, Ekuiv. 24mm. Foto: Dok. Enche tjin

Modul kamera ultrawidenya sangat lebar, ekuivalen dengan 13mm di format full frame, atau 6.5mm di micro four thirds dan 8.6mm di APS-C. Lensa di kamera ini sangat ideal untuk menangkap pemandangan yang luas, arsitektur dan travel. Di kondisi terang, kualitasnya sangat baik dari detail maupun warna. Di kondisi gelap, hasil foto dengan modul ultrawide tidak lebih baik daripada modul kamera utama tapi tidak terlalu berbeda berkat kecanggihan computational photography untuk mode foto malam.

review vivo x60 proUltrawide ekuiv. 13mm. Foto: Dok. Enche tjin
review vivo x60 proUltrawide ekuiv. 13mm Foto: Dok. Enche tjin
review vivo x60 proreview vivo x60 pro Foto: Dok. Enche tjin

Berbeda dengan sebagian besar kamera ponsel sekelas di bawah lima jutaan, VIVO X60 ini memiliki modul yang lebih tele, ekuivalen dengan 50mm, cocok untuk subjek yang jaraknya agak jauh dan portrait. Tidak sebagus kamera wide dan ultrawide, tapi cukup berguna untuk berbagai keadaan.

review vivo x60 proPortrait mode dengan lensa ekuiv. 50mm. Foto: Dok. Enche tjin

Fitur video ponsel ini juga cukup bagus untuk kreator konten. Kamera utamanya dapat merekam video 4K 30p dan Full HD 60p. Yang inovatif dari kamera ini adalah memiliki gimbal mekanik dan elektronik untuk menstabilkan footage video saat dibawa jalan-jalan.

Saya sempat menguji gimbal stabilizationnya dan hasil videonya mulus dan bagus. Ada pilihan tingkat stabilisasi. Untuk hasil yang lebih stabil, hasil dari videonya menjadi lebih sempit sudut pandangnya seperti di krop. Sayangnya saat menggunakan modul kamera ultrawide, stabilisasinya tidak sebaik kamera utama. Saat berjalan footage videonya terutama latar belakangnya terlihat pulsing.

Hal lain yang saya sayangkan juga adalah kualitas speaker yang meskipun volume suaranya cukup kuat tapi kurang enak didengar karena level bass dan treble yang terlalu rendah.

Kesimpulannya VIVO X60 PRO adalah ponsel yang praktis untuk membuat konten foto video karena modul kameranya lengkap, dari ultrawide, wide dan telefoto, dan untuk videonya ada gimbal stabilization yang sangat berguna untuk membuat vlog.

Spesifikasi VIVO X60 PRO

* Berat: 179 gram
* Aluminum frame
* Gorilla glass 6 display 120hz, hdr10+ 6.56inch
* Processor QUALCOMM Snapdragon 870 5G 7nm

Kamera

* 48 MP f/1.5, 26mm 1/2″ PDAF, Gimbal stabilization
* 13 MP f/2.5, 50mm telephoto 1/2.8″ 2x zoom
* 13MP f/2.2, 16mm ultrawide
* Video 4K/full hd 30/60p gyro EIS



Simak Video "Prediksi Belgia VS Italia, Bareng PRMI dan Inter Club Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(jsn/fyk)