Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888 - Halaman 3

Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888

Panji Saputro - detikInet
Kamis, 01 Jul 2021 19:45 WIB
Realme GT 5G
Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888 (Foto: Adi Fida Rahman/detikINET)

Performa

Realme GT 5GRealme GT 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Saatnya membedah performa luar biasa dari Realme GT 5G. Pertama-tama, hal yang perlu dipertegas adalah prosesor super gahar, tertinggi di kelasnya, yaitu Snapdragon 888, yang disematkan di ponsel ini. Dibekali pula dengan GPU Adreno 660 dan operating system Android 11.

Keganasannya telah kami uji, dengan 'menyiksanya' menggunakan game mobile super berat, seperti Genshin Impact, PUBG Mobile, Asphalt 9, Gangstar New Orleans, Life After dan Ark Survival Evolved.

Terbukti settingan grafik tertinggi dari setiap game dapat dihajar. Hal ini tidak menyampingkan kehalusan dari setiap pergerakan kamera dan karakternya.

Kepuasan bermain didukung pula oleh ketajaman dan kecerahan layar yang membuat visual grafik menjadi lebih memukau. Tak luput kehadiran touch sampling rate mencapai 360Hz.

Namun sayangnya, ini memaksa Realme GT 5G menjadi cepat panas. Kurang lebih, 10 hingga 15 menit memainkan setiap game tersebut menimbulkan hawa panas dari seluruh bodi.

Hal ini mengakibatkan ketidaknyamanan ketika digenggam. Belum lagi, keberadaan speaker ponsel di bagian bawah, di mana ketika memainkan game dalam mode landscape, akan tertutup oleh telapak tangan.

Kendati begitu, Realme GT 5G sangat mampu memberikan pengalaman bermain game mobile yang lebih memuaskan. Ponsel pintar ini mampu menyuguhkan kualitas grafik 60fps dari setiap game berat di atas.

Untuk menegaskan betapa ganasnya ponsel terbaru Realme ini, berikut hasil bechmark dari sejumlah aplikasi terkait. Terlihat, bahwa score yang didapatkan terbilang sangat tinggi.

Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888 Foto: Realme GT 5G Foto: Panji Saputro/detikINET

Catatan skor benchmark Realme GT 5G:

- PCMark: 14.428

- Antutu: 771.931

- Geekbench Single Core: 1.134

- Geekbench Multi Core: 2.997

Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888 Foto: Realme GT 5G Foto: Panji Saputro/detikINET

Sebagai catatan, pada pengujian aplikasi Antutu, kami melakukan sebanyak tiga kali. Pengujian pertama yaitu 704.546, pengujian kedua tembus hingga 771.931 dan teakhir menurun menjadi 760.531.

Baterai

Realme GT 5GRealme GT 5G Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Kapasitas baterai Realme GT 5G cukup besar, yaitu 4.500 mAh. Kami pun mencoba menguji ketahanannya melalui PC Mark Work 2.0 Battery Life, dengan hasil yakni 10 jam 53 menit.

Proses pengujian ini cukup lama, menghabiskan baterai hingga 60 persen dari sisa 80 persen. Mulai dari siang dan baru berakhir pada malam hari.

Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888Review Realme GT 5G: Makin Ngebut Main Game dengan Snapdragon 888 Foto: Realme GT 5G Foto: Panji Saputro/detikINET

Saat digunakan untuk bermain game online, agak terkuras. Saat mencoba memainkan Asphalt Legends 9 dengan settingan grafik High Quality selama setengah jam, baterai turun 10 persen.

Keunggulan lainnya adalah, Realme membekali pengisian daya super duper cepat 65W. Sudah terbukti, yang mana tidak butuh waktu lama untuk bisa mencapai 100 persen daya baterai.

Kurang lebih hanya butuh 35 menit saja. Hal ini menjadi nilai lebih bagi para gamer, sehingga tidak perlu menunggu waktu lama untuk kembali memainkan game mobile favorit mereka.

Opini detikINET

Dari segi desain, Realme GT 5G versi Racing Yellow, melakukan inovasi yang cukup unik dari para sedulurnya. Dengan memilah warna kuning cerah dan perpaduan biru menyerupai hitam, tidak membuatnya kampungan.

Justru, menjadi lebih elegan dengan kesan sporty, sesuai dengan versinya. Ditambah pemilihan font huruf 'realme' yang tidak terlalu banyak hiasan.

Lapangnya layar yang disajikan sudah menjadi nilai lebih tersendiri. Apalagi bagi gamer yang memainkan game-game petualangan maupun multiplayer.

Soal kamera, sudah pasti kualitas jepretnya sangat bagus. Meskipun kamera makro hanya 2MP, akan tetapi hasilnya cukup memukau dan tidak mengecewakan.

Sayang sepertinya, bila tidak menyiksa ponsel yang satu ini. Bagaimana tidak, dengan dibekali Snapdragon 888, alangkah baiknya para gamer memanfaatkan performa ganasnya.

Game berat pun bisa dilibas dengan mudah. Walaupun 10 hingga 15 menit setelahnya cukup panas. Mungkin Realme ingin menambahkan aksesoris terpisah seperti kipas kecil yang bisa digunakan untuk mendinginkan ponselnya ketika panas.

Bicara kapasitas baterai, menurut kami tidak ada kurangnya. Ketahanan hingga 10 jam 53 menit sangat cukup untuk berlama-lama memainkan game mobile favorit.

Ditambah pengisian yang cepat 65W, di mana hanya membutuhkan waktu 35 menit mencapai daya baterai 100 persen. Jadi para gamer tidak perlu menunggu waktu lama hingga dua jam untuk memainkannya kembali.

Bagi detikers yang ingin merasakan performa luar biasa dari Realme GT 5G, harus sedikit bersabar. Tenang, ponsel ini akan segera rilis di Indonesia.

(hps/fay)