Logitech MX Master 3, Terbaik untuk Produktivitas - Halaman 2

Logitech MX Master 3, Terbaik untuk Produktivitas

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Minggu, 09 Mei 2021 15:11 WIB
Logitech MX Master 3
Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Fitur MX Master 3 pun menjadi lebih komplit dengan aplikasi Logitech Option. Di aplikasi ini kita bisa mengatur dan mengkustomisasi tombol-tombol yang ada di mouse ini, juga mengatur kecepatan scroll, pointer, dan lain sebagainya.

Lalu Logitech pun memberikan semacam preset untuk penambahan fungsi mouse ini di aplikasi tertentu. Sejauh ini preset yang tersedia ini contohnya adalah Google Chrome, Microsoft Office (Word, Excell, PowerPoint), dan Zoom.

Tampilan Logitech Option untuk MX Master 3Tampilan Logitech Option untuk MX Master 3 Foto: detikINET/Anggoro Suryo Jati

Gunanya apa? Salah satu contoh adalah ketika menggunakan browser Chrome, kita bisa menggunakan scroll horizontal untuk berpindah antara satu tab dengan tab lainnya. Lalu di aplikasi Zoom, tombol scroll horizontal berfungsi mengatur volume, lalu dua tombol di bawahnya berguna untuk menyalakan/mematikan video dan audio.

Sensor yang dipakai MX Master 3 sama seperti MX Anywhere 3, yaitu Darkfield, yang bisa dipakai di hampir semua permukaan, seperti kayu, kaca, dan bahkan sofa. Sensor ini punya akurasi dari 200 sampai 4000 dpi, dan bisa diatur lewat Logitech Option.

Mouse ini pun bisa dipasangkan dengan berbagai perangkat, baik melalui Bluetooth maupun lewat dongle Unifying Receiver. Maksimal perangkat yang bisa dipasangkan adalah 3, dan bisa diatur lewat tombol yang ada di bawah mouse.

Lalu ada juga fitur Flow yang membuat MX Master 3 bisa dipakai secara bersamaan di tiga komputer. Pengguna juga bisa memindahkan kursor dengan menggesernya sampai ke ujung layar. Flow juga mendukung fungsi cut, copy, paste.

Kesimpulan

Sebagai pengguna seri MX Master 2S, menurut saya MX Master 3 ini punya beberapa pembaruan dan perbaikan kecil namun sangat signifikan. Contohnya adalah perubahan posisi tombol scroll horizontal dan palm rest yang lebih besar.

Namun ada juga pembaruan besar, seperti penggunaan MagSpeed untuk scrolling wheel yang lebih nyaman dipakai dan membuat MX Master 3 ini menjadi mouse terbaik untuk produktivitas. Hanya saja, harganya memang premium untuk sebuah mouse, Logitech memasarkan MX Master 3 di Indonesia dengan harga Rp 1,3 jutaan.

(asj/fay)