Review Logitech MX Anywhere 3, Mouse Mewah Berbodi Mungil

Review Logitech MX Anywhere 3, Mouse Mewah Berbodi Mungil

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Sabtu, 05 Des 2020 18:10 WIB
Logitech MX Anywhere 3
Foto: Dok. Logitech
Jakarta -

Logitech baru merilis mouse baru di Indonesia, yaitu MX Anywhere 3, yang merupakan penerus MX Anywhere 2S (dirilis 2017), dan juga versi mini dari MX Master 3.

MX Anywhere 3, jika dilihat dari bodinya, sekilas tak berbeda dengan mouse Logitech lain. Bentuknya mungil dengan desain yang terlihat minimalis. Padahal, harganya terbilang tinggi, di atas Rp 1 juta.

Namun jangan salah, begitu dipegang dan dipakai, MX Anywhere 3 benar-benar terasa berbeda dibanding mouse lain yang harganya lebih murah. Satu yang paling terasa adalah scrolling wheelnya yang bernama MagSpeed, yang memakai sistem sama seperti MX Master 3, yaitu sistem scrolling elektromagnet.

Tombol scroll-nya berbahan metal dan bisa menyesuaikan tingkat kekerasannya dari cara pengguna melakukan scrolling. Pengguna juga bisa memilih antara mode ratched (ada haptic feedback klik) dan mode hyperfast.

Sensor Darkfield yang dipakai di MX Anywhere 3 diklaim bisa berfungsi di hampir semua permukaan. Kayu, kaca, atau bahkan di sofa.

Baterai di mouse ini tertanam di bodi, dan diklaim bisa bertahan sampai 70 hari. Untuk klaim ini, saya belum mencoba klaim tersebut. Namun selama dua hari kami pakai, baterainya memang belum terlihat berkurang kapasitasnya.

Logitech MX Anywhere 3Logitech MX Anywhere 3 Foto: Dok. Logitech

Kalau pun habis, baterainya bisa diisi ulang dengan mudah lewat port USB-C, dan diklaim pengisian selama satu menit bisa cukup untuk penggunaan selama tiga jam. Soal koneksi, MX Anywhere 3 bisa beroperasi lewat kabel USB, Bluetooth, atau dongle Unifying milik Logitech.

Pemilihan port USB-C dan bukan microUSB ini terbilang melegakan. Utamanya saat hampir semua perangkat saat ini sudah memakai USB-C, artinya pengguna tak perlu membawa kabel tambahan untuk sekadar mengisi ulang baterai MX Anywhere 3.

Bentuk Ergonomis
Bodi MX Anywhere 3 terbilang mungil yang membuatnya mudah untuk diselipkan dalam pouch saat akan dibawa-bawa. Jika dibandingkan dengan seri MX Master, MX Anywhere 3 ini bak bumi dan langit ukurannya. Mungkin untuk yang punya telapak tangan besar dan terbiasa dengan mouse besar seperti MX Master, butuh sedikit beradaptasi dengan MX Anywhere 3.

Namun meski mungil, mouse yang tersedia dalam pilihan warna Graphite, Rose, dan Pale Gray ini juga sangat ergonomis di tangan, begitu juga peletakan tombol-tombolnya yang pas. Contohnya dua tombol samping, yang posisinya persis ada di bawah ibu jari saya. Lalu, bagian samping mouse ini pun bertekstur garis dan terbuat dari silikon yang membuatnya nyaman digenggam.

Logitech MX Anywhere 3Logitech MX Anywhere 3 Foto: Dok. Logitech

Halaman selanjutnya: Kesimpulan...



Simak Video "Pengisi Suara Minnie Mouse Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]