Review Galaxy S21 Ultra, Persembahan Terbaik Samsung di Awal 2021

Review Galaxy S21 Ultra, Persembahan Terbaik Samsung di Awal 2021

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 02 Feb 2021 06:35 WIB
Samsung Galaxy S21 Ultra
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Samsung membuka 2021 dengan merilis ponsel baru. Tak main-main, langsung perangkat premium yang disodorkan, Galaxy S21 Series.

Biasanya Samsung memperkenalkan jajaran Galaxy S Series pada akhir Februari atau awal Maret. Entah apa alasannya tahun ini dimajukan ke Januari.

Sampai-sampai ada lelucon kalau perilisan Galaxy S Series seperti Lebaran yang tanggalnya selalu maju tiap tahun. Tapi terlepas dari itu, Galaxy S21 Ultra begitu menarik di seluruh aspek.

Setindaknya itu berdasarkan ponsel ini dalam sepekan. Berikut ulasan singkatnya:


Desain

Galaxy S21 Ultra yang menyambangi redaksi detikINET adalah Phantom Black, varian yang begitu dielu-elukan Samsung. Ketika melihat secara langsung, kami mengerti kenapa vendor asal Korea Selatan ini mengunggulkannya.

Meski hanya berbalut warna hitam, Samsung mampu menyuguhkan kesan premium sekaligus menawan. Menggunakan dalam jangka waktu lama tidak membuat tampilannya bosan untuk dipandang.

Galaxy S21 UltraGalaxy S21 Ultra Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Selain itu warna hitamnya sedikit menyamarkan tonjolan pada kamera belakang yang terbilang tebal. Tapi yang menarik 'rumah' kameranya dibuat menyatu dengan rangka body.

Oleh Samsung disebut desain Contour Cut. Belum ada yang mengadopsi ini sebelumnya, sebab itu memberikan penyegaran pada desain Galaxy S Series.

Perubahan lain yang akan ditemui pada lapisan di bagian belakang ponsel ini. Samsung tidak lagi membalut bagian belakang Galaxy S21 Ultra dengan lapisan mengkilap. Kini berganti dengan matte yang terasa halus di tangan dan bebas noda sidik jari.

Kendati tampilan Phantom Black ini begitu menarik, tapi detikINET menyarankan untuk memasang case. Karena saat berada dalam genggaman, Galaxy S21 Ultra agak sedikit licin. Selain itu ada alasan lain yang bakal disampaikan pada ulasan kamera.

Dimensi Galaxy S21 Ultra memang besar, tapi lebar 75.6 mm membuat ponsel ini tetap nyaman di tangan kami. Tapi mereka yang memiliki tangan mungil mungkin bakal kesulitan menggenggamnya.

Samsung Galaxy S21Samsung Galaxy S21 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Bobot ponsel ini pun lumayan berat. Bahkan Galaxy Note 20 Ultra yang dirilis pertengahan 2020 saja kalah.

Untuk tombol dan port, masih menempatkan tombol power dan volume di sisi kanan body. Terdapat dua lubang mikrofon di bagian atas.

Sisi kiri ponsel sama sekali tidak memiliki tombol atau port. Sementara di bagian bawah, kita dapat menemukan port USB-C, speaker, dan SIM Card tray.

Oh iya, bagian depan dan belakang Galaxy S21 Ultra terlindungi Gorilla Glass Victus terbaru . Selain itu memiliki fitur tahan air dan debu IP68 layaknya perangkat premium Samsung lainnya.

Selanjutnya Layar dan S Pen