Review Oppo Reno5, Ponsel Rp 5 Juta Bawa Pembaruan yang Sip - Halaman 3

Review Oppo Reno5, Ponsel Rp 5 Juta Bawa Pembaruan yang Sip

Adi Fida Rahman - detikInet
Selasa, 26 Jan 2021 07:42 WIB
Oppo Reno5
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Performa

Oppo memodali Reno5 dengan Snapdragon 720G yang diracik dengan RAM 8 GB menghasilkan kinerja yang luwes. Tidak saja saat melakukan multitasking, bermain game Call of Duty Mobile dengan settingan rata kanan pun tidak ada kendala alias lancar.

Ini diperkuat hasil benchmark dengan nilai tinggi berikut ini:

Oppo Reno5Oppo Reno5 Foto: screenshot/detikINET

ColorOS 11

Oppo Reno5 menjalankan ColorOS 11.1 berbasis Android 11. Sistem operasi ini terasa ringan dan smooth saat digunakan. Sejumlah fitur baru nan menarik dapat ditemui.

Ada game space untuk memaksimalkan performa sekaligus menghalau gangguan yang kerap hadir saat bermain game, seperti notifikasi. Oppo pun memberikan kemampuan menterjemahkan artikel di layar hanya dengan swap tiga jari.

Kendati Oppo tidak menyematkan kamera kedua di bagian depan yang dikhususkan untuk fitur Smart AirControl, fitur ini masih tetap tersedia. Jadi kita dapat menggulirkan layar hanya dengan gerakan tangan pada sejumlah aplikasi yang didukung.

Keluhan hanya pada banyaknya aplikasi bawaan. Untungnya masih bisa di-uninstall bila tidak diperlukan. Tapi ada dua aplikasi bawaan yang menarik digunakan, yakni Soloop dan Relax.

Soloop sendiri merupakan aplikasi edit video dengan mudah. Cocok banget bagi yang sering membuat konten di TikTok.

Sementara Relax menyajikan bermacam suara untuk berbagai kebutuhan, mulai dari Yoga hingga relaksasi. Salah satu suara yang kami sering dengan adalah Cities, yang menghadirkan suara ambient sejumlah kota, seperti Tokyo, Beijing, Shenzen, Bangkok dan Reykjavik. Mendengarkannya membuat kamu seolah berada di sana.

Baterai

Baterai Oppo Reno5 berkapasitas 4.310 mAh. Saat penggunaan normal, ponsel ini bisa bertahan seharian setelah terisi penuh di pagi hari.

detikINET sempat melakukan benchmark baterai menggunakan aplikasi PCMark. Hasilnya mencapai 16 jam 20 menit.

Oppo Reno5Oppo Reno5 Foto: screenshot/detikINET

Oppo membekali teknologi 50W Flash Charging. Dalam 30 menit pengisian sudah baterai sudah mencapai 79%. Butuh waktu 49 menit untuk ponsel ini terisi penuh.

Opini detikINET

Lewat Reno5, Oppo menyempurnakan apa yang terasa kurang di Reno4. Kehadiran NFC sangat membantu pengguna untuk mengecek sekaligus mengisi ulang uang elektroniknya.

Tapi tidak hanya NFC yang ditambahkan, sejumlah fitur baru turut pula disematkan pada kameranya. Ini cukup membantu mereka yang kerap bikin konten pakai smartphone.

Oppo Reno5Oppo Reno5 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Hanya saja lazimnya sebagai perangkat suksesor, ada pembaruan di sisi dapur pacu. Reno5 masih dimodali dengan chipset yang sama dengan pendahulunya, jadi performanya tidak berbeda dengan Reno4.

Namun itu bukan sebuah masalah, karena toh perpaduan Snapdragon 720G dan RAM 8 GB yang mentenagai ponsel ini memuaskan kinerjanya. Banyak tugas dibuka bersamaan dapat dikerjakan dengan lancar, demikian saat bermain game favorit.

Jadi dengan harga Rp 4.999.000 cukup sepadan untuk semua yang ditawarkan Reno5. Patut dilirik bila kamu mencari ponsel dengan budget Rp 5 juta.



Simak Video "OPPO Reno5: Teknologi untuk Kreativitas"
[Gambas:Video 20detik]
(afr/afr)