Review Poco F2 Pro, Flagship Killer yang Tak Lagi Murah

Review Poco F2 Pro, Flagship Killer yang Tak Lagi Murah

Ahmad Masaul Khoiri - detikInet
Senin, 31 Agu 2020 05:45 WIB
Poco F2 Pro
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Dua tahun sejak generasi pertamanya dirilis, Xiaomi memperbarui lini ponsel Poco. Segala sisi ditingkatkan yang berefek pada sematan gelar smartphone murah harus ditanggalkan.

Seberapa handal Poco F2 Pro dijadikan sebagai daily driver? Berikut catatan-catatan kesan menggenggam smartphone ini:

Bodi Solid

Kesan pertama memegang smartphone ini adalah bentuknya yang besar. Poco F2 Pro memiliki dimensi 163,3 x 75,4 x 8,9 mm dengan berat 219 gram, kesan tebal tak bisa dihindari, apalagi ditambah casing bawaannya.

Poco F2 Pro tak nyaman digunakan dengan satu genggaman. Kami harus menggunakan dua tangan untuk mengetik dan multitasking dengan cepat.

Poco F2 ProPoco F2 Pro Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Namun, satu yang harus dicatat dalam poin ini bahwa smartphone ini cukup solid dipegang. Karena depan belakang sudah dilapisi kaca dan frame dari aluminium.

Performa Mumpuni, Tapi...

Poco F2 Pro didapuk oleh Xiaomi sebagai smartphone gaming. Unit yang penulis pegang adalah versi tertinggi dengan RAM 8 GB dan ROM 256 GB.

Semua game mampu dilibas dan dimainkan dengan baik. Performanya pun mumpuni.

Namun ada beberapa catatan penting dalam poin ini, yakni tak semua game sudah dioptimalkan. Contoh, kualitas grafik di game Mobile Legends: Bang Bang masih mentok di pengaturan High.

Poco F2 ProPoco F2 Pro saat resmi diluncurkan di Indonesia. Foto: screenshot/detikINET

Contoh kedua, yakni pengaturan frame rate di game PUBG Mobile mentok di Extreme dan grafik di HDR. Ada catatan, penggunaan baterai di pengaturan amatlah tinggi.

Baterai sebesar 4700 MAH dijamin puas main bareng bersama teman. Rasanya baterai yang terbilang besar ini bisa digunakan sampai bosan dan bisa diisi full dari indikator belasan selama kurang lebih 1 jam 20 menit.

Setelah dipakai selama lima belas menit, suhu smartphone ini terbilang biasa saja. Keberadaan teknologi anti panas terbarunya terbilang bagus.

Poco F2 Pro juga masih memiliki lubang audio jack 3,5 mm untuk dipasang earphone agar tiada delay saat bermain. Mobile Legends: Bang bang juga tak menyarankan menggunakan true wireless stereo (TWS) dan sejenisnya.

Chipset Snapdragon 865 dan RAM lega memang sangat berpengaruh dalam multitasking berat yang penulis lakukan, ketika main game langsung keluar dan kemudian membuka aplikasi media sosial. Namun, saat sering melakukannya, ada penurunan kecepatan internet di sini, contoh loading gambar melambat.

Satu lagi, terkait baterai, memang di kondisi yang masih baru performa baterai tergolong sangat bagus. Penulis merasakan awetnya penggunaan wajar memotret, video, browsing, dan lain-lain seharian atau selama lebih dari 12 jam.