Menguji Kebolehan Vivo X50, Bukan Sekadar Jago Kamera

Review

Menguji Kebolehan Vivo X50, Bukan Sekadar Jago Kamera

Yudistira Imandiar - detikInet
Jumat, 21 Agu 2020 16:18 WIB
Hasil foto Vivo X50
Menguji Kebolehan Vivo X50 (Foto: Yudistira Imandiar/detikcom)
Jakarta -

Menjadi brand smartphone nomor wahid di kuartal pertama 2020, membuat Vivo Indonesia terpacu untuk menambah amunisinya. Medio Juli 2020, Vivo X50 dan X50 Pro dirilis berstatus produk flagship.

Vivo X50 muncul dengan desain elegan yang terkesan ringkas. Body belakang menggunakan material metal, mengukuhkan jati diri sebagai ponsel flagship. Perangkat yang kami coba berkelir froze blue, kombinasi warna biru muda dengan gradasi perak yang terlihat berkilau.

Di bagian bawah terdapat speaker tunggal di sisi kanan dan port USB Type-C di tengah. Jack audio 3,5 mm absen di Vivo X50. Namun itu bukan perkara besar, karena Vivo menyertakan adaptor port audio untuk memakai headset kabel pada paket penjualan.

Di punggung ponsel, tertanam empat lensa dari AI Quad Camera yang dipasang sejajar ke bawah berikut dengan flashlight. Bagaimana kebolehan kameranya? Nanti akan kami jelaskan detail di bawah.

Sebagai gambaran, ukuran perangkat Vivo X50 yakni panjang 159,5 mm, lebar 75,4 mm, dan ketebalan 7,55 mm. Dimensi tersebut membuat ponsel relatif nyaman digenggam dan mudah dioperasikan dengan satu maupun dua jari (lazimnya dengan ibu jari). Oh ya, berat perangkat hanya sekitar 173 gram, terasa enteng saat digenggam maupun disimpan di saku celana.

Vivo X50Vivo X50 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Urusan visual disandarkan pada layar AMOLED 6,56 inci menghasilkan warna yang kaya dan tajam. Screen refresh rate 90 Hz di Vivo X50 menjadi nilai plus. Transisi layar ketika scrolling sosial media atau browsing website terlihat halus dan responsif.

Kamera depan model punch hole terpatri di sisi kiri atas layar, ukurannya kecil sehingga tak menginterupsi pandangan saat membuka layar penuh di YouTube atau bermain game. Sensor fingerprint terletak di area tengah bawah layar, jadi lebih cocok menggunakan ibu jari untuk otentikasi.

Kamera

Begitu membuka menu kamera, pengguna seakan dibawa masuk ke ruang kreasi. Fitur untuk foto dan video beragam, membuat orang awam pun tertantang untuk berkreasi membuat foto dan video.

Kamera utamanya 48 MP, didampingi kamera 8 MP Super-Wide Angle, lensa periskop 8 MP dengan kemampuan 2x optical zoom dan 20x digital zoom, serta kamera portrait 8 MP. Kamera depan memiliki resolusi 32 MP.

Hasil foto Vivo X50Hasil foto wide angle Vivo X50 Foto: Yudistira Imandiar/detikcom

Sesuai dengan lensa-lensa yang terpasang, pengguna bisa membuat foto bokeh dengan opsi bukaan diafragma hingga f/0.95. Lalu ada mode super wide untuk mendapatkan sudut pandang yang lebih luas, dan mode super macro untuk foto detail. Ada fitur Extreme Night Vision untuk meningkatkan kualitas pencahayaan gambar di malam hari.

Di samping itu, Vivo memberikan beberapa fitur lain, seperti Pro Sports untuk menangkap objek bergerak, foto panorama, hingga mode khusus untuk foto dokumen dan presentasi.

Fitur videonya pun melimpah. Ada Smart Zoom untuk membaca dan mengikuti pergerakan objek agar tetap berada di tengah frame. Tersedia juga fitur slow motion dan time lapse di kamera Vivo X50.

Hasil foto Vivo X50Hasil foto malam Vivo X50 Foto: Yudistira Imandiar/detikcom

Hasil foto Vivo X50Hasil foto makro Vivo X50 Foto: Yudistira Imandiar/detikcom

Hasil foto Vivo X50Hasil foto zoom 20x Vivo X50 Foto: Yudistira Imandiar/detikcom