Huawei Nova 7, Performa Flagship Harga Rp 6 Jutaan

Review

Huawei Nova 7, Performa Flagship Harga Rp 6 Jutaan

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 18 Agu 2020 06:20 WIB
Huawei Nova 7
Huawei Nova 7, Performa Flagship Harga Rp 6 Jutaan Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta -

Huawei kembali memperbarui lini Nova yang menyasar segmen kelas menengah. Belum genap setahun setelah meluncurkan Nova 5T di Indonesia, Huawei meluncurkan Nova 7 yang membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

detikINET berkesempatan untuk menjajal Huawei Nova 7 selama beberapa minggu. Ingin tahu seperti apa rasanya menggunakan ponsel ini? Simak terus ulasan berikut ini.

Desain

Huawei Nova 7 hadir dengan dua pilihan warna yaitu Space Silver dan Midsummer Purple. Kebetulan unit saya jajal adalah varian Space Silver yang terlihat futuristik dan mewah.

Bagian belakang ponsel didominasi dengan warna perak yang jika terkena cahaya akan mengeluarkan semburat warna-warna pastel yang membuat Huawei Nova 7 terlihat manis dan elegan.

Warna-warni ini merupakan hasil digunakannya teknik CMF 3D untuk menghasilkan pertunjukan warna yang memikat mata. Huawei Nova 7 juga semakin terlihat premium berkat bodi yang berlapis kaca di belakangnya.

Huawei Nova 7Huawei Nova 7 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Ketika digenggam, ponsel ini terasa agak sedikit lebar di tangan. Tapi pengoperasian dengan satu tangan masih bisa dilakukan dengan mudah. Apalagi bodi aluminiumnya juga kokoh dipegang.

Bagian belakang Huawei Nova 7 diisi dengan modul untuk keempat kamera belakangnya yang berada di sudut kiri atas dan logo Nova di bawahnya. Sedangkan layarnya memiliki bezel yang tipis dan dagu yang minimal. Layar ponsel ini memakai desain punch hole untuk menempatkan kamera depan di bagian kiri atas layar.

Tombol power dan volume terletak di sisi kanan ponsel. Sementara itu bagian bawahnya dihuni oleh slot kartu SIM, port USB-C dan speaker. Sayangnya Huawei Nova 7 tidak lagi memiliki headphone jack.

Display dan Audio

Huawei Nova 7 menggunakan panel OLED berukuran 6,53 inch. Resolusinya 2400 x 1080 (Full HD+) dengan rasio 20:9. Layarnya sangat lapang dan cerah dengan visibilitas yang sangat baik di bawah sinar matahari yang terik.

Layar Huawei Nova 7 menawarkan rendering warna DCI-P3 yang menjanjikan pengalaman sinematik saat menonton film. Untuk kenyamanan mata, layar ponsel ini telah mengantongi sertifikasi TÜV Rheinland.

Display Huawei Nova 7 memiliki warna yang tajam dan mengesankan. Video dengan resolusi 4K bisa ditampilkan dengan mendetail dan warna yang punchy, walau tidak didukung HDR10.

Sayangnya ponsel ini tidak mengantongi standar Widevine L1 sehingga tidak bisa digunakan untuk menonton konten Netflix dengan resolusi tertinggi.

Huawei Nova 7Huawei Nova 7 Foto: Adi Fida Rahman/detikINET

Huawei Nova 7 juga tidak memiliki layar dengan refresh rate 90Hz, padahal sudah ada pesaing dengan harga lebih murah yang memiliki fitur ini. Meski begitu, absennya fitur ini tidak mengurangi pengalaman menggunakan ponsel ini saat gaming atau browsing.

Untuk melengkapi pengalaman multimedia tersedia satu speaker di bagian bawah ponsel yang kualitasnya terbilang lumayan, walau agak sedikit kurang kencang. Jika digunakan untuk menonton film atau mendengarkan musik, suaranya tidak cempreng dan suara rendahnya bisa didengar jelas.

Sensor sidik jari di Huawei Nova 7 disembunyikan di bawah layar. Sensor ini bekerja dengan cepat dan akurat.