WD My Book Essential 4 TB, Mudahkan Proses Back Up Data

Review Produk

WD My Book Essential 4 TB, Mudahkan Proses Back Up Data

- detikInet
Jumat, 18 Jan 2013 11:13 WIB
WD My Book Essential 4TB (detikINET)
Jakarta - Makin hari kapasitas hardisk eksternal semakin besar, dan kini hadirlah Western Digital My Book Essential 4 TB yang dibuat agar memudahkan para pengguna melakukan proses back up data.

Backup mungkin masih menjadi suatu proses yang membosankan di segelintir kalangan penguna komputer, apalagi proses ini membutuhkan kapasitas hardisk yang tidak sedikit. Tergantung dari data yang ingin disimpan.

Untuk itulah WD menghadirkan seri terbaru dari My Book Essential. Seri yang memang dirancang agar menjadi storage backup yang mumpuni, jadi bukan cuma mengandalkan kapasitas yang besar saja.

Ada beberapa seri My Book Essential, dan kebetulan yang ada di meja redaksi detikINET adalah versi terkini dengan ukuran paling besar, 4 TB. Untuk mendukung kapasitasnya yang besar ini WD menyematkan port USB 3 untuk transfer data, serta power tambahan berupa adapter.



Ringkas, Berdaya Tampung Besar

Dengan kapasitas sebesar 4 TB ada banyak sekali ruang bagi file-file pribadi pengguna. Film HD, musik berkualitas, gambar beresolusi tinggi, semua bisa dimasukkan dengan jumlah yang luar biasa banyak.

Enaknya lagi, meski berdaya tampung besar hardisk ekternal ini tergolong ringkas. Jadi tak terlihat mengganggu meski diletakkan di atas meja kerja.

Ya, secara desain produk ini memang tidak berbeda dengan seri sebelumnya. Masih mempertahankan kekompakan bentuk dan warna. Pengguna juga bisa menggunakan hardisk ekternal ini dalam posisi horisontal atau vertikal. Tinggal pilih.

Produk ini juga dilengkapi dengan rongga-rongga untuk sirkulasi udara, dan dari lubang ini juga terlihat bahwa di dalamnya terdapat satu buah hardisk internal ukuran 3,5 inchi. Inilah yang membuat My Book Essential 4TB terlihat ringkas.



Ngebut dengan USB 3.0

Memindahkan file berukuran besar memang terkadang membosankan, untungnya My Book Essential 4 TB ini sudah dilengkapi dengan port USB yang secara teori bisa menghantarkan data hingga 5 Gbit/detik, atau 10 kali lebih cepat dari USB 2.






Tapi itu secara teori. Ketika dijajal detikINET untuk mengopi sejumlah file yang masing-masing berukuran 5-7 GB, My Book Essential 4 TB hanya sanggup untuk menulis data maksimal 100 MB/detik, walau kemudian turun hingga 83 MB/detik saat proses pemindahan file hampir rampung.

Namun yang paling menarik adalah adanya software preinstalled WD SmartWare di dalam hardisk tersebut. Aplikasi ini cukup berguna, bisa dipakai untuk backup otomatis di belakang layar. Jadi pengguna tak perlu lagi melakukan backup secara manual yang merepotkan.

Kapasitas yang besar, piranti lunak yang fungsional, seakan membuat proses backup menjadi mudah dan tak merepotkan dengan My Book Essential 4 TB. Hanya saja kecepatan baca tulis yang ditawarkan serasa belum maksimal.

Spesifikasi WD My Book Essential 4 TB


  • Capacity: 4 TB (WDBACW0040HBK)
  • Interface: 1x USB 3.0
  • Dimensions (H x D x W): 6.5 x 5.3 x 1.9 in. / 165 x 135 x 48 mm
  • Weight: 1,18 kg
  • Operating Temperature: 5ºC to 35ºC
  • Non-Operating Temperature: -4ºF to 149ºF / -20ºC to 65ºC
  • Input Voltage: 100-240VAC
  • Input Frequency: 47 - 63 Hz
(eno/fyk)