Kamis, 07 Jul 2011 16:01 WIB

Akun Facebook Direktur Garuda Dibajak

- detikInet
Jakarta - Krimininal di dunia maya terus beroperasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan membajak akun Facebook orang lain dan menyalahgunakannya untuk urusan yang tidak baik.

Hal tersebut menimpa salah satu petinggi di PT Garuda Indonesia Airlines, Elisa Lumbantoruan yang saat ini menjabat sebagai direktur keuangan. Akun Facebook-nya kena bajak selama ia pergi ke Beijing, China, dalam urusan bisnis.

"Ini saya baru saja mendarat baru tahu kalau Facebook saya sudah dibajak, tidak bisa dibuka lagi," kata Elisa kepada detikFinance saat dihubungi lewat sambungan telepon, Kamis (7/7/2011).

Ia mengatakan, si pembajak tak hanya mengambil alih akun jejaring sosial tersebut, namun juga memanfaatkannya untuk menipu orang. Caranya dengan mengajak chat teman Facebook Elisa dan meminta dikirimi pulsa.

"Sudah banyak yang tertipu dan mengirim pulsa. Beberapa teman ada yang melapor ke saya lewat BBM (BlackBerry Mesengger)," katanya.

Elisa mengaku baru sadar akun Facebook-nya kena bajak karena selama di China ia tidak bisa mengakses situs buatan Mark Zuckerberg tersebut pasca pemblokiran yang dilakukan pemerintah setempat.

Langkah selanjutnya yang akan dilakukan mantan Presiden Direktur HP Indonesia ini adalah melapor ke pihak Facebook bahwa akunnya yang telah dicuri bisa segera ditutup. "Hal ini dilakukan supaya tidak jatuh korban lebih banyak," ujarnya.

Ia juga meminta kepada seluruh teman yang ada di akun Facebook miliknya supaya tidak mengindahkan permintaan ataupun ajakan chat dari akun lamanya yang sudah dibajak tersebut. Elisa akan segera membuat akun Facebook baru agar orang lain bisa tahu kalau akun lamanya itu sudah dibajak.

"Nanti saya bikin (akun Facebook-red.) baru lagi secepatnya, jadi semua bisa tahu kalau yang lama sudah dibajak," ungkap pria berdarah batak ini.



(ang/ash)