Instagram Akan Dibanjiri Lebih Banyak Iklan, Kenapa?

ADVERTISEMENT

Instagram Akan Dibanjiri Lebih Banyak Iklan, Kenapa?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 07 Okt 2022 18:30 WIB
Ilustrasi Instagram
Cuan Meta Seret, Instagram Akan Tampilkan Lebih Banyak Iklan Foto: Getty Images/iStockphoto/Wachiwit
Jakarta -

Instagram akan menampilkan lebih banyak iklan di aplikasinya. Ini merupakan salah satu strategi Meta untuk mendongkrak pendapatannya yang sempat turun untuk pertama kalinya pada kuartal kedua tahun 2022.

Instagram saat ini sudah menampilkan iklan di beberapa bagian, termasuk feed utama, Stories, dan Reels. Dengan kebijakan barunya, Instagram juga akan menampilkan iklan di halaman Explore dan profil pengguna.

Saat ini Instagram sudah menyisipkan iklan saat pengguna scrolling feed di halaman Explore. Tapi nantinya, Instagram juga akan menampilkan iklan di halaman Explore langsung yang berisi grid foto dan video yang muncul saat pertama kali membuka tab tersebut.

Iklan yang muncul di halaman Explore memiliki label 'Sponsored' dan menampilkan nama akun. Di bagian bawah thumbnail-nya juga memiliki tombol 'Learn more' sehingga pengguna bisa membedakan antara iklan dengan postingan asli.

Iklan yang muncul di tab Explore InstagramIklan yang muncul di tab Explore Instagram Foto: Dok. Instagram

Tidak hanya halaman Explore, iklan juga akan hadir di profil pengguna Instagram. Saat ini platform berbagi foto itu sedang menguji coba menampilkan iklan di feed profil pengguna.

Instagram mengatakan mereka hanya akan menampilkan iklan di profil akun non-remaja dan akun publik. Instagram juga akan merilis program yang memungkinkan kreator tertentu di Amerika Serikat untuk mendapatkan uang dari iklan-iklan ini.

"Format dan tools iklan baru ini bertujuan untuk membantu brand menceritakan kisah mereka, menjangkau pelanggan baru dan yang sudah ada, dan mengembangkan bisnis mereka," kata juru bicara Instagram, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (6/10/2022).

"Kami memantau sentimen orang-orang dengan cermat -- baik untuk iklan dan komersialisme secara keseluruhan," sambungnya.

Selain Instagram, Meta juga akan mencari cuan ekstra lewat iklan di Facebook. Reels yang diunggah di Facebook akan memiliki iklan video 'post-loop' yang berdurasi 4-10 detik yang akan muncul setelah Reels selesai diputar.

Meta mengatakan iklan ini bisa di-skip. Jika pengguna skip iklan atau iklan selesai diputar, Reels akan dilanjutkan kembali. Meta juga menguji coba iklan carousel dalam bentuk foto yang muncul di bagian bawah Facebook Reels.

Kebijakan baru ini diumumkan saat Instagram sedang ramai dikritik penggunanya karena memilih fokus ke video dan meniru banyak fitur TikTok. Belum lama ini, Meta juga menindak aplikasi 'The OG App' yang memungkinkan pengguna untuk browsing Instagram tanpa iklan.



Simak Video "Tiktok Jadi Aplikasi yang Paling Banyak Diunduh di Asia Tenggara"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/vmp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT