Instagram Rilis Fitur NFT di Indonesia, Ghozali Posting Perdana

ADVERTISEMENT

Instagram Rilis Fitur NFT di Indonesia, Ghozali Posting Perdana

Fitraya Ramadhanny - detikInet
Jumat, 05 Agu 2022 14:15 WIB
Fitur Baru Postingan NFT di Instagram
Fitur baru postingan NFT di Instagram (Foto: Instagram)
Jakarta -

Indonesia termasuk 100 negara yang kebagian fitur NFT di Instagram. Ghozali Everyday langsung posting NFT di akun IG-nya.

Dengan fitur baru ini, para kreator dapat mengunggah karya NFT (Non-Fungible Token) secara langsung dari blockchain ke Instagram. Penggemar pun dapat mendukung kreator favorit mereka dengan membeli dan menampilkan koleksi NFT (seni, gambar, video, atau musik) di platform Instagram.

Di Indonesia, Sultan Gustaf Al Ghozali alias Ghozali Everyday, langsung membuat postingan NFT pertama edisi spesial Instagram dan mengunggahnya ke akun Instagram pribadinya. Gambarnya adalah foto wajahnya dengan logo Instagram.

Postingan NFT di Instagram ini memiliki efek berkilau dengan tanda centang di sudut kiri bawah. Jika diklik ada informasi bahwa itu adalah Digital Collectible dari OpenSea NFT dan ada keterangan dimiliki oleh Pieter Lydian dengan basis blockchain Ethereum.

[Gambas:Instagram]



Ghozali mengatakan tren NFT sudah ramai di Indonesia sejak awal pandemi COVID-19, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang belum familiar dengan aset digital ini. Adopsi NFT di Tanah Air masih cenderung kurang masif jika dibandingkan dengan negara-negara lain.

"Saya sangat senang dengan adanya fitur NFT di Instagram, karena fitur ini membuka akses yang lebih besar bagi kreator seperti saya untuk memperkenalkan dan mempromosikan kreasi digital yang kami buat," kata dia dalam keterangan resmi Meta kepada detikINET, Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut Ghozali menerangkan, banyak masyarakat Indonesia yang menggunakan platform Instagram setiap hari. Fitur baru di Instagram ini harapannya bisa membantu masyarakat untuk lebih memahami dan akrab dengan NFT.

"Semoga fitur ini bisa mengakselerasi penggunaan NFT di Indonesia, terutama dengan maraknya kehadiran Metaverse," kata dia.

Dalam kesempatan ini Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia menjelaskan, Instagram ingin mendorong kreator di seluruh dunia. Dengan fitur NFT di Instagram, mereka ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka.

"Ke depannya, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories," kata Pieter.



Simak Video " Instagram Bakal Uji Coba Fitur Foto Ultra-tall 9:16"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT