Instagram Rilis Fitur NFT di 100 Negara Termasuk Indonesia

Instagram Rilis Fitur NFT di 100 Negara Termasuk Indonesia

ADVERTISEMENT

Instagram Rilis Fitur NFT di 100 Negara Termasuk Indonesia

Virgina Maulita Putri - detikInet
Jumat, 05 Agu 2022 13:43 WIB
Social networking service concept. communication network.
Instagram Rilis Fitur NFT di 100 Negara termasuk Indonesia (Foto: Getty Images/iStockphoto/metamorworks)
Jakarta -

CEO Meta Mark Zuckerberg mengumumkan ekspansi fitur token non-fungible (NFT) di Instagram ke 100 negara. Ekspansi ini diumumkan mengikuti uji coba peluncuran fitur NFT di Instagram pada bulan Mei lalu.

Dengan ekspansi ini, pengguna dan bisnis di lebih dari 100 negara di Afrika, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Amerika akan bisa membagikan koleksi NFT-nya di Instagram. Sebelumnya fitur ini hanya tersedia untuk segelintir kreator di Amerika Serikat.

Pengguna Instagram bisa memasukkan NFT koleksinya di feed dan direct messages (DM), sekaligus dalam bentuk stiker augmented reality di Stories. Kreator dan kolektor NFT juga akan di-tag secara otomatis untuk atribusi.

NFT yang dibagikan di Instagram akan memiliki efek berkilau dan bisa menampilkan informasi publik, seperti deskripsi NFT. Saat ini pengguna belum bisa jual beli NFT di Instagram, tapi Meta mengindikasikan sedang menyiapkan marketplace untuk NFT.

Instagram juga memperluas dukungan untuk dompet pihak ketiga dari Coinbase Wallet dan Dapper Wallet. Anak usaha Meta ini juga memperluas dulungan blockchain untuk platform Flow, seperti dikutip dari Engadget, Jumat (5/8/2022).

Zuckerberg mengumumkan ekspansi fitur NFT lewat postingannya di Instagram. Dalam pengumumannya, Zuckerberg juga mengunggah foto kartu baseball Little League yang ia buat sendiri saat masih kecil.

[Gambas:Instagram]

Zuckerberg kecil menghadiahkan kartu tersebut kepada konselor kamp favoritnya, Allie Tarantino, yang sekarang berencana menjual kartu fisik yang ditandatangani langsung oleh Zuck, sekaligus dalam bentuk NFT.

Instagram bukan satu-satunya platform besar ikut demam NFT. Twitter sebelumnya menyediakan opsi untuk memasang NFT sebagai foto profil untuk pengguna Premium. Reddit juga belum lama ini meluncurkan marketplace avatar berbasis NFT.

Indonesia termasuk ke dalam 100 negara yang kebagian fitur NFT. Hal ini ditandai dengan Sultan Gustaf Al Ghozali membuat NFT spesial di Instagram. Pieter Lydian, Country Director untuk Meta di Indonesia menjelaskan dengan fitur NFT di Instagram, mereka ingin membantu para kreator dan komunitas NFT untuk menjangkau audiens yang lebih luas, serta memonetisasi koleksi digital mereka.

"Ke depannya, pengguna dapat menampilkan dan membagikan koleksi digital mereka sebagai stiker AR di Instagram Stories," kata Pieter.



Simak Video "Isu Mark Zuckerberg Akan Lengser Tahun Depan Dibantah Jubir Meta"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT