Orang Indonesia Habiskan 5 Jam Sehari Main Aplikasi, Kamu Juga Ya?

ADVERTISEMENT

Orang Indonesia Habiskan 5 Jam Sehari Main Aplikasi, Kamu Juga Ya?

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 04 Agu 2022 11:45 WIB
Ilustrasi Main HP
Orang Indonesia Habiskan 5 Jam Sehari Buka Aplikasi Foto: Shutterstock
Jakarta -

Pengguna internet di seluruh dunia sepertinya masih betah menggunakan aplikasi mobile meski pandemi sudah mulai mereda. Menurut data yang dirilis oleh data.ai, pengguna internet di belasan negara sekarang menghabiskan empat sampai lima jam sehari di aplikasi, termasuk Indonesia.

Meskipun waktu yang dihabiskan untuk mengakses aplikasi berbeda di tiap-tiap negara, sekarang ada 13 negara di mana pengguna menghabiskan lebih dari empat jam sehari untuk menggunakan aplikasi.

13 negara tersebut adalah Indonesia, Singapura, Brasil, Meksiko, Australia, India, Jepang, Korea Selatan, Kanada, Rusia, Turki, Amerika Serikat, dan Inggris. Menariknya ada tiga negara di mana pengguna internet menghabiskan lebih dari lima jam untuk membuka aplikasi yaitu Indonesia, Singapura, dan Brasil.

Laporan terbaru data.ai menunjukkan durasi penggunaan aplikasi mobile mulai menurun dibandingkan kuartal kedua tahun 2020. Tapi hal ini wajar mengingat dua tahun yang lalu adalah puncak pandemi COVID-19 yang mendorong penggunaan aplikasi dan game mobile.

Tapi data ini tetap mengindikasikan bahwa efek pandemi masih dirasakan dalam kebiasaan sehari-hari pengguna internet. Bahkan di beberapa negara penggunaan aplikasi mobile masih meningkat secara signifikan pada kuartal kedua 2022.

Contohnya, pada Q2 2020, pengguna internet di Singapura menghabiskan 4,1 jam di aplikasi. Kini angka tersebut naik hingga 5,7 jam. Begitu juga di Australia, pengguna internet awalnya menghabiskan waktu 3,6 jam di Q2 2020 dan kini naik menjadi 4,9 jam pada Q2 2022. Keduanya menandakan kenaikan hingga 40%.

Beberapa negara lain juga mencatatkan kenaikan meskipun tidak begitu signifikan. Seperti Kanada yang naik 20%; Indonesia, Rusia, dan Jerman yang naik 10%; India, Jepang, AS, dan China yang naik 5%, seperti dikutip dari TechCrunch, Kamis (4/8/2022).

Laporan terbaru data.ai juga mencakup daftar aplikasi dan game teratas pada Q2 2022. Dari jumlah download, Instagram masih berada di posisi nomor satu, diikuti oleh Facebook, TikTok, WhatsApp, dan Snapchat.

Sementara itu dari jumlah pengguna aktif bulanan posisinya masih tidak berubah dari kuartal sebelumnya. Facebook masih bertengger di peringkat teratas, diikuti WhatsApp, Instagram, Messenger, dan TikTok.

Untuk daftar game yang paling banyak diunduh pada Q2 2022 masih didominasi oleh Free Fire. Tapi ada beberapa game yang jumlah download-nya melesat paling tinggi dibandingkan kuartal sebelumnya yaitu Bridge Race (naik 54 peringkat), Stumble Guys (naik 23 peringkat), dan Fill the Fridge (naik 84 peringkat).



Simak Video "4 Aplikasi Wajib Bagi Para Pekerja"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/fay)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT