Aplikasi YouTube Bisa Jadi Remote Keyboard untuk Android TV

ADVERTISEMENT

Aplikasi YouTube Bisa Jadi Remote Keyboard untuk Android TV

Anggoro Suryo - detikInet
Senin, 06 Jun 2022 15:50 WIB
Ilustrasi Streaming YouTube
Ilustrasi YouTube. Foto: Shutterstock
Jakarta -

YouTube merilis fitur baru untuk memperbaiki masalah utama dari bermacam TV Box dan Android TV yang ada saat ini, yaitu kemampuan remote-nya yang terbatas.

"Sangat sulit untuk mengetik di TV menggunakan remote. Setiap remote tak nyaman, setiap remote berbeda, dan ada jutaan tombol berbeda. Semuanya buruk," ujar Brynn Evans, head of design untuk YouTube di TV.

Untuk memperbaiki masalah itu, YouTube merilis fitur baru yang menghubungkan ponsel ke TV berbasis Android, baik untuk pengguna ponsel Android maupun iOS. Cara kerjanya begini, saat pengguna membuka aplikasi di Android TV, dan membuka aplikasi YouTube di ponsel, akan muncul pesan yang menawarkan untuk menghubungkan ponsel ke TV.

Jika pengguna memencet "Connect", maka ponsel akan menjadi "pasangan" untuk aplikasi yang sedang dibuka di TV. Pengguna bisa meninggalkan komentar di video, menambahkan video ke dalam playlist, dan lain sebagainya.

Dan menariknya, fitur ini tetap bisa berfungsi sekalipun TV-nya tak punya fitur Cast atau menggunakan jaringan WiFi yang berbeda. Bahkan fiturnya tetap bisa berfungsi jika ponselnya tidak berada dalam jaringan WiFi.

Meningkatkan pengalaman pengguna di TV adalah hal penting bagi YouTube. Selama bertahun-tahun YouTube sudah menyebut kalau TV adalah platform dengan pertumbuhan pengguna yang paling cepat. Namun mereka merasa kalau pengguna di TV tak bisa menikmati pengalaman yang sama seperti di ponsel.

Namun menghubungkan TV dengan ponsel ini hanyalah langkah pertama. Menurut Evans, selanjutnya mereka akan mencari cara untuk terus meningkatkan pengalaman pengguna di TV. Misalnya, mencari cara untuk mengubah sistem komentar agar lebih nyaman untuk pengguna TV.



Simak Video "Geser PewDiePie, MrBeast Jadi YouTuber dengan Subscriber Terbanyak"
[Gambas:Video 20detik]
(asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT