WhatsApp Mulai Cari Cuan, Siapkan Layanan Berbayar untuk Akun Bisnis

WhatsApp Mulai Cari Cuan, Siapkan Layanan Berbayar untuk Akun Bisnis

Virgina Maulita Putri - detikInet
Kamis, 21 Apr 2022 07:47 WIB
Ilustrasi WhatsApp
WhatsApp Mulai Cari Cuan, Siapkan Layanan Berbayar untuk Akun Bisnis Foto: dok. Rawpixel
Jakarta -

WhatsApp selama ini bisa diakses oleh semua pengguna secara gratis. Tapi sepertinya WhatsApp akan mulai mencari cuan dengan menyiapkan layanan berbayar untuk akun bisnis.

Keberadaan layanan berbayar WhatsApp ini diungkap oleh tipster WABetaInfo. Saat ini layanan tersebut masih dikembangkan dan nantinya akan tersedia di aplikasi WhatsApp Business untuk Android dan iOS.

Layanan berbayar ini terkait dengan fitur 'Linked Device' yang dirancang khusus untuk akun WhatsApp Business. Dari screenshot yang diunggah oleh WABetaInfo, WhatsApp menggunakan deskripsi yang berbeda untuk fitur multi-device di akun bisnis.

Deskripsi itu menuliskan bahwa pengguna bisnis bisa menghubungkan akunnya ke beberapa perangkat agar orang/karyawan lainnya di bisnis tersebut bisa berkomunikasi dengan pelanggan di chat yang sama.

Tampilan fitur Linked Devices untuk WhatsApp BusinessTampilan fitur Linked Devices untuk WhatsApp Business Foto: WABetaInfo

Nah, layanan berbayar ini akan tersedia khusus untuk akun WhatsApp Business dan menawarkan fitur tambahan untuk membantu bisnisnya. Misalnya, pengguna WhatsApp biasa bisa menghubungkan hingga empat perangkat dengan fitur multi-device, tapi jika pengguna bisnis membayar biaya berlangganan, mereka bisa menghubungkan hingga 10 perangkat.

WABetaInfo mengatakan ini merupakan fitur pertama yang ditawarkan oleh layanan berbayar WhatsApp untuk akun bisnis. Jenis fitur tambahan lainnya akan diumumkan dalam waktu dekat, seperti dikutip dari WABetaInfo, Rabu (20/4/2022).

Perlu dicatat bahwa dengan layanan berbayar ini bukan berarti semua pengguna harus membayar untuk menggunakan WhatsApp. Layanan WhatsApp untuk akun standar yang dimiliki miliaran pengguna tidak akan berubah dan pengguna tidak akan dipungut biaya apa-apa.

Layanan berbayar ini sifatnya opsional dan bisa dimanfaatkan oleh bisnis untuk mendapatkan fitur tambahan yang berguna bagi operasionalnya. Jika bisnis membutuhkan fitur tersebut, mereka bisa membayar biaya berlangganan untuk mengaksesnya.

Saat ini informasi yang tersedia tentang layanan berbayar WhatsApp Business ini masih terbatas. Belum diketahui apakah biaya langganannya bisa dibayarkan tiap bulan atau tiap tahun dan berapa biayanya.



Simak Video "Hore! Kini WhatsApp Bisa Ajak 512 Orang Masuk ke Grup"
[Gambas:Video 20detik]
(vmp/afr)